Hehehe...hari ini gw, untuk kali pertama, pergi ke client (kantor) dg sepeda motor. Lho, kok bisa? Ya bisa aza lah...masa ga bisa sich?tongue Errr..emang ada beberapa 'missing link' di sini, entar2 aza gw muat artikel2 'missing link' itu deh. Beberapa artikel yg terkait motor, gw pernah posting, diantaranya:
- 'Pikiran' untuk tetap menggunakan kendaraan umum
- Komentar untuk menghindari copet

Hmmm...apa yg mau gw ceritain ya, sampe lupa.tongue Jadi gini...biasanya gw butuh 1-1,5jam untuk pergi dari kost-an ke client di Thamrin. Alhamdulillah, dg motor, gw cuma butuh sekitar 30 menit (0.5jam). Gile ya, gw 'hemat' waktu sampe 100%!!!big grin Ngebut? Errr...ndak juga sih, biasa aza...ngikutin arus kendaraan. Jalur kosong yaa agak kenceng, jalur penuh yaa mesti hati2.smug

Sebelum gw bermotor, gw dah baca beberapa artikel dari temen2 gw, mengenai perilaku bermotor para motoris Jakarta, yg rata2 kurang ajar dan seenak udel mereka sendiri. Diantaranya dari idBan dan Nenda. Dan emang, pas gw alami sendiri, bermotor di jalanan Jakarta, anjroooyyy....gila bener dah!!! Emang dah kaya setan jalanan, main potong sana potong sini.not talking Gw sendiri berusaha untuk tetap tertib. Pakai sign tiap kali mo belok, malah jika perlu toleh kiri toleh kanan, just to make sure it safe.big grin

Tapi, emang kerasa banget bow perbedaan bermotor dg pake angkutan umum.
1. Lama perjalanan.
Angkutan umum (baik P20 ataupun 86 atau 102) = dg kondisi jalan sekarang, gw butuh setidaknya (minimal) 1,5jam dari Mampang - Thamrin.
Bermotor = 30-40 menit-an lah, dg catatan kondisi jalan ndak parah2 banget.

2. Suasana perjalanan.
Angkutan umum (baik P20 ataupun 86 atau 102) = kadang 'ribet' kalo udah banyak seniman jalanan atau para pedagang. Masih mending kalo nyanyinya enak, seringnya sih maksa banged. tongue
Bermotor = ga ada gangguan dari mereka. Gangguan hanya dari motoris lain.tongue

3. Rute perjalanan.
Angkutan umum (baik P20 ataupun 86 atau 102) = fixed. Rute yg ditempuh yaaa...itu2 aza. Jadi, begitu kena macet, yaa...'kuat2an' sabar aza dah. Dadaaahhh....selamat menikmati macetwave!
Bermotor = macet? Pindah ruteeeeee....asal jangan sampe nyasar kaya Didik aza, xixixi...hee hee

4. Kondisi badan.
Angkutan umum (baik P20 ataupun 86 atau 102) = nah, kalo ini, lebih enak pake angkutan. Gw ga perlu mikirin jalanan. Pokoknya kasih 2000, gw tinggal duduk, nikmati perjalanan (macet atau lancar), sampe deh.
Bermotor = pagi ini, yg gw rasakan badan musti 'stand by' terus. Ga boleh lengah. Ada manfaatnya juga, gw jadi lebih meningkatkan kewaspadaan.

5. Pengeluaran.
Angkutan umum (baik P20 ataupun 86 atau 102) = 1hari, bolak balik, gw biasanya pake metode seperti ini. Berangkat tergantung angkutan mana yg muncul duluan. Kalo 86/102 duluan yg nongol, yaa...berarti sehari itu gw habis ceban (10 rebu) buat bolak balik Mampang-Thamrin. Sementara kalo pake P20, yaa..tinggal kurangi 3000, jadi sehari habisnya 7000 (thx buat Luthfi). Oya, pulang pake 102 is 'a must'.
Bermotor = so far gw belum tahu pasti berapa pengeluaran. Tapi, kalo itung2an kasar, jarak Mampang - Thamrin, lebih kurang 30 km, bolak balik jadi lebih kurang 60 km (itung2an kasar banget lah, pokoknya diambil jarak sejauh mungkin). Motor gw 1 liter ~ 50-55 km. 1 liter ~ 4800 perak (kalo pake premium). So, 1 liter buat bolak balik. Mayan, hemat 50%, so far...tapi gw yakin sebenarnya keuntungan gw lebih banyak lagi sih.

6. Keamanan.
Angkutan umum (baik P20 ataupun 86 atau 102) = seperti yg pernah gw tulis, untuk 102 atau 86 kondisinya aman. Sementara di P20, banyak copet.
Bermotor = gangguan copet, insya ALLOH ndak ada, tapi mesti waspada terhadap kejahatan2 lain, seperti perampasan motor (meski selama ini lebih banyak terjadi pada tukang ojek), pencurian sepeda motor (makanya gunakan kunci ganda), dst.

Well...segini dulu cerita gw tentang hari pertama bermotor di Jakarta. Yg mesti gw lebih waspadai sekarang adalah RANJAU2 PAKU, jangan sampai gw jadi korban. Makanya, gw udah hapalin jalan2 yg 'rawan'.big grin Mudah2an gw lebih hati2 dan tetep banyak doa biar tetep selamat di jalanan.praying