Hari ini TVRI merayakan ulang tahunnya yg ke-44. Sebenarnya tidak TVRI saja yg merayakan ulang tahun, namun juga RCTI dan SCTV. Namun, gw lebih fokus ke TVRI...mengenang beberapa hal/acara yg dulu gw suka ikut. Sekedar pemberitahuan, mulai hari ini status TVRI kembali menjadi TV Publik, artinya TVRI kembali dimiliki dan dibiayai oleh pemerintah. Sekedar informasi, karena perubahan statsus ini, beberapa tayangan iklan yg pernah qt saksikan belakangan ini di TVRI, akan dihilangkan.

Well...gw terkadang masih nonton TVRI, seperti yg gw tulis di atas, ada beberapa acara yg punya momen/kenangan khusus, terutama Dunia Dalam Berita...meski, ehm..., beritanya rada2 basi...xixixi. tongue big grin hee hee Namun setidaknya sudah ada kemajuan dibanding DDB jaman dulu.

TVRI nampak berusaha keras untuk menarik penonton, dengan banyak menayangkan acara2 yg 'gaul'. Namun sayangnya, anggapan bahwa TVRI adalah corong pemerintah, yg gemar 'memanipulasi' dan 'menyensor' program yg 'dianggap' bersebrangan dg kebijakan pemerintah, nampaknya masih melekat. Dari beberapa kali obrolan dg teman gw, mereka malah mengernyitkan dahi ketika tahu gw masih suka nonton acara TVRI. Well....never mind... tongue

Keheranan temen2 gw semakin bertambah ketika mereka tahu ada sebuah acara IT (Teknologi Informasi) yg dipimpin oleh you-know-who. Mereka berpendapat, bagaiman TVRI bisa maju jika menggunakan tokoh seperti itu?? xixixi.... hee hee

Beberapa acara TVRI yg masih gw inget dan sempat menjadi primadona di jamannya:
- Dunia Dalam Berita
- Berpacu Dalam Melodi
- Berbalas Pantun
- Kamera Ria
- Aneka Ria Safari
- Unyil
- Gemar Menggambar
- Kelompencapir (Kelompok Pendengar Pembicara Pemirsa)
- Dari Desa ke Desa
- Cerdas Cermat
- ABRI Masuk Desa
- Oshin
- Losmen
- .... (silakan ditambah)

Beberapa pembawa acara TVRI yg cukup berkesan:
- Sambas (bagi penonton Dari Desa ke Desa ataupun pertandingan bulutangkis, yg gw yakin udah pada jadul, pasti masih inget dg pak Sambas ini...)
- Idrus
- Anita Ch Rahman
- Inke Maris
- Henny Ratam (lupa2 inget...)
- ....(silakan ditambah)

Dari sekian acara TVRI, acara Kelompencapir yg paling bikin gw geli. Jadi acara tersebut adalah cerdas cermat untuk para petani. Ada 3 grup, A, B, C, biasanya grup ini dinamai dg produk pertanian, misalnya Padi IR5, atau Palawija (errr...gw ingat2 lupa...). Lalu juru bicaranya duduk di tengah (as usual) dan (ini dia yg bikin gw geli) DIA MEMEGANG KENTONGAN. big grin

Jika pembawa acara (biasanya identik dg pemberi pertanyaan) sudah melontarkan pertanyaan, nah...ini dia yg serunya, PARA JURU BICARA SALING BEREBUT MENJAWAB DG MEMUKUL KENTONGAN. wakakakaka....kadang2 untuk meyakinkan bahwa regunya yg lebih berhak menjawab, si juru bicara BERKALI-KALI MEMUKUL KENTONGAN. big grin Akibatnya malah mirip orang siskamling dibandingkan sebagai peserta kelompencapir, waakaka... big grin laughingrolling on the floor

AIIIHHH....JADI MELOW BOW...INGET TVRI, SO JADUUUUUUUULLLLLLLLLLL.... xixixixi...tongue