dari sebuah milis
*anak kelas 3 SD sudah pacaran? buset...xixixi...*

'MAMA aku sudah jadian sama Bowo.'
*summon yg ngeceng Bowo...xixixi...*

Lani sang ibu langsung terbengong-bengong. Bagaimana tidak? Putrinya, Laluna baru duduk di kelas tiga sekolah dasar. ''Beberapa saat saya hanya bisa ternganga. Tapi setelah itu saya mencoba menjadi teman curhat Luna,''katanya.

Gadis kecilnya yang berusia sembilan tahun itu kemudian melanjutkan cerita. Di kelasnya ada pemuda bernama Bowo yang digandrungi banyak teman perempuan. Kisah jadiannya bermula pada jam istirahat sekolah. Saat itu Luna jatuh terjengkang ditabrak beberapa anak kelas lima yang tengah bermain kejar-kejaran. Karena kaget, teman-teman Luna hanya berdiri terpaku. Bowolah yang tanggap menolong. Bahkan, pemuda kecil itu berkacak pinggang melampiaskan amarah pada beberapa anak yang menabrak Luna.

Setelah itu, dia mengantar Luna ke Unit Kesehatan Sekolah atau UKS. ''Habis diob ati aku tanya sama Bowo. Kamu suka ya sama aku? Tapi Bowonya diam saja. Jadi aku tanya sekali lagi.''

''Bowo jawab apa?''

''Dia jawab I Y A. Kita sekarang jadian deh,'' tutur Luna.

Saat itu Lani hanya bisa mengangguk-anggukkan kepala. ''Terus terang saya terkaget-kaget. Gila, kelas tiga SD sudah pacaran. Apesnya anak gue lagi yang nembak,'' cerita Lani sambil menggeleng-gelengkan kepala. Dari cerita anaknya, dia juga baru tahu kalau dua sahabat Luna sudah lebih dulu punya pacar.

Rasa terkejut juga dialami Edi Tandori. Dimas, anak sulungnya yang baru duduk di kelas empat sekolah dasar, mengaku sudah pacaran. Karena kaget sekaligus heran dan bingung, Edi langsung bereaksi keras.

Nasihat panjang lebar dengan nada agak tinggi pun keluar. ''Setelah itu saya agak menyesal juga. Untung istri saya segera mengambil kendali. Saat ini, saya sedang berusaha mendekati Dimas lagi. Pada dasarnya saya ingin Dimas sekolah yang benar. R asanya sulit dimengerti, anak SD kok sudah pacaran,'' tuturnya.

Zaman memang sudah berubah. Tapi wajarkah anak sekolah dasar berpacaran? Dua psikolog memberikan beberapa informasi dan tips.

Jangan langsung panik jika gadis atau pangeran kecil Anda tiba-tiba mengatakan sudah pacaran. Ajak bicara dan pahami apa makna pacaran bagi mereka.

Ami Dewi Siamsidar Budiman, Psi

Cari waktu yang tepat untuk memberi arahan mengenai sikapnya yang mulai menyukai lawan jenis. Jangan menginterogasi, karena itu justru akan menyulitkan komunikasi.