Lebih kurang 3 bulan belakangan ini, gw perhatikan iklan Fanta (sepam? who caresbig grin). Sebuah commercial break 'cerdas' yg, menurut gw, bisa mengubah paradigma dan point of view anak-anak (jaman sekarang) untuk belajar ilmu pengetahuan. Apa dan bagaimana Fanta bisa mengubah paradigma dan point of view tersebut? Fanta secara cerdik menggunakan dan memanfaatkan kejadian sehari-hari anak SMP di sekolah, untuk memperkenalkan ilmu pengetahuan (tentunya mesti 'gluk' Fanta dulu winking)

Oke...mari kita 'bahas' satu persatu iklan Fanta tersebut (tapi tidak secara detail, karena Fanta tidak jadi sponsor blog ini...xixixi...hee hee)
IKLAN PERTAMA (muncul sekitar bulan Mei, gw ga terlalu inget)
Iklan pertama Fanta ini memperkenalkan MAGNET. Di iklan itu dijelaskan, bahwa 2 magnet akan saling menarik apabila berbeda kutub.

IKLAN KEDUA (muncul sekitar akhir Juni)
Di iklan kedua ini, Fanta memperkenalkan GRAVITASI. Idenya mungkin 'nyontek' dari Newton. Bagaimana benda akan selalu jatuh ke bumi.

IKLAN KETIGA (muncul sekitar pertengahan Juli)
Dari kedua iklan pertama Fanta, gw paling suka iklan ketiga ini. Di sini, Fanta memperkenalkan GERHANA (MATAHARI). Visualisasi yg ditampilkan, sangat2 kocak...namun, menurut gw, ada 'kekurangan' pada iklan ini. PH pembuat iklan masih terjebak antara langsing dan gendut. Padahal, jika kita merujuk kepada peristiwa gerhana (matahari) itu sendiri, bulan yg menjadi penghalang sinar matahari, UKURANnya lebih kecil...namun JARAK-lah yg menyebabkan sinar matahari terhalang. Sementara pada iklan Fanta ini, digambarkan ukuran 'matahari'nya lebih kecil dan 'bulan'nya jauh lebih besar.

Well...memang, tiap iklan tidak selalu sempurna, seperti halnya iklan Honda, yg pernah gw protes tempo hari. Kini mereka melakukan perbaikan. "Motor juga (bukan) manusia" telah diganti menjadi "Motor bagai manusia". Maksa? Yaaa....its oke...namanya juga iklan...di Indonesia pula, xixixi...tongue

Namun langkah Fanta ini patut dipuji dan layak diacungi jempol. Kita tunggu iklan2 'cerdas' lainnya dari Fanta... *duh...jadi pengen minum Fanta nich...biar bisa nulis artikel yg cerdas, xixixi...cool*