Ternyata memang bangsa Indonesia mempunyai potensi yg cukup baik di bidang sumber daya manusia. Tidak kalah dengan orang2 bule...dan seharusnya kita juga TIDAK PERLU MINDER atau RENDAH DIRI dengan orang2 luar (atau bule). Setelah sebelumnya aku tulis artikel tentang keberhasilan Indonesia menjadi juara umum olimpiade Fisika, beberapa hari lalu aku baca lagi berita2 tentang prestasi anak2 bangsa.

==sumber Kompas==
- Tim Olimpiade Biologi mendapat 2 medali perak dan 2 medali perunggu, dari Olimpiade Biologi yg diselenggarakan di Rio Cuarto, Cordoba. Perak diraih oleh Stephanie Senna (siswi SMA IPEKA Bilingual Jakarta) dan Pratomo Andi Wigi Prayitno (siswa SMAN 1 Purwokerto). Sementara 2 perunggu diraih oleh Prayudi Utomo (siswa SMAK BPK Penabur 1 Jakarta) dan Arif Widi Nugroho (siswa SMAN 1 Probolinggo).

- Tim Olimpiade Kimia merebut 1 medali perak dan 3 medali perunggu, pada Olimpiade Kimia yg diselenggarakan di kampus Universitas Yeungnam, Korea Selatan. Medali perak diraih oleh Khabib Khumaini (SMAN 2 Lamongan), sementara medali perunggu diraih oleh William (SMA Sutomo 1 Medan), Hamdanil Rasyid (SMAN 8 Pekanbaru), dan Adhi Kurnianto (SMAK Penabur 1 Jakarta).

Sementara itu, gw sempet baca di koran "Terbit" bahwa tim Sekolah Dasar Indonesia meraih 1 medali emas dan 1 medali perunggu. Sayangnya, gw lupa nyimpen korannya, jadi gw ga bisa tulis berita lengkapnya. tongue

Menanggapi komentarnya Nenda di sini, gw mo tulis juga bahwa kebanyakan dari para peserta olimpiade (terutama yg mendapat medali), meneruskan sekolahnya di luar negeri. Kriteria/alasannya jelas, pemerintah RI belum bisa menyediakan fasilitas yg cukup (apalagi berlebih) bagi mereka untuk mengembangkan ilmunya. Dengan demikian, otomatis, ilmu mereka akan banyak digunakan oleh negara tempat mereka menimba ilmu. sadat wits' end - New!

Untungnya, beberapa temen gw yg notabene menjadi peserta olimpiade (dan mempunyai prestasi yg baik) berniat pulang ke Indonesia apabila mereka telah selesai menuntut ilmu. Semoga saja pemerintah merespon hal ini, dengan menyediakan fasilitas yg lebih baik dari yg ada sekarang. Tujuannya ya jelas, agar bibit2 unggul bangsa Indonesia tidak pindah ke negara lain. happyapplause