Semula gw ga niat nonton KRI...bukan apa2, tidak terlalu tertarik aza sih, meski bakal dapat gratisan :p Tapi ternyata temen akrab gw pas kuliah, yg berprofesi sebagai dosen, nelp bahwa dia datang ke UI untuk mbimbing mahasiswa2nya berkompetisi. So...ya sudahlah, gw datang ke UI.

Akhirnya, gw dateng ke kontes robot barengan ama temen2 akrab gw semasa kuliah juga. Hmm...lama juga ga ke UI. Terakhir ke UI kapan ya? Hmmm...let's say...1-2 years ago? Ngapain dulu ya ke UI? Auk dah...ga penting buat diinget. Cari2 gadjah UI, hweleh..ga ketemu bow...masa sih di kampus mereka, mereka juga ciken?? xixixi.. *kabur..*

Nelp temen gw, nunggu tiket gratis dari dia...xixixi...:p Setelah ketemuan, ngobrol lama...seru deh. Hmmm...dhuhur sudah tiba. Celingukan cari mushola 'resmi'...ndak ada. Yg ada malah mushola darurat. Duh...bener2 darurat ya? :p Ya gpp...yg penting bisa sholat :)

Selesai Dhuhur, makan siang. Lalu, jalan2 sekitar arena kontes robot. Hmm....gw ambil beberapa skrinsut kondisi tim2 peserta. Buset...ga kalah ama cikapundung deh...xixixi..banyak tools, komponen elektronik berserakan...termasuk peserta yg tumbeng, tidur....yakin kecapean tuh (silakan perbesar foto ketiga dari kiri). Tuh, liat sendiri skrinsutnya di bawah ini.






Loh...ada stand blogawards2006. Potret juga ah...meski pengunjungnya ga banyak...ga beken kali blog itu ya?? xixixi... :p Sebelah kanan dan kiri stand blogawards, ada stand mainan robot. Hmmm...keren juga euy...meski harganya sama sekali ndak keren...per-kit, bisa sekitar 3-4jeti bow...yg jelas, ROBOT2AN INI BUKAN KONSUMSI ANAK2 DI BAWAH 6 TAHUN...BISA2 RUSAK DIBANTING...:p

Hmm....satu stand yg keren, namanya KLUB ROBOTIK (suer ini bukan promosi...lah wong gw juga ga dibayar kok ama dia...xixixi..). Jenis mainannya macam2...beberapa gw sempet ambil skrinsut...tapi aih aih aihhhh...sapa tuh yg ikut mejeng di foto iniiii?? SUIT SUIIITTT... :-"


Di bagian ujung, ada stand GEGANA. Bagian dari kepolisian yg bertugas menjinakkan/berhubungan dengan bom. Di bagian depan ada robot penjinak bom, sorry gw lupa namanya. Hmmm...robotnya tidak secanggih Robocop atau Gaban :p tapi yaa...namanya juga penjinak bom, ngapain canggih2?? :D Lalu ada layar + perlengkapan control robotnya. Sempat didemokan juga, seorang polisi mengontrol jalannya robot penjinak bom. Dia 'giring' robot keluar stand, jalan2. Hmmm...dari 'deck' pengendali, kita bisa perhatikan jalan robot, view yg robot lihat, dst dst... :) Singkat kata, KEREN DEH...!! :)

Ada bagian souvenir. Liat2 sekilas, ah...tidak ada yg worth enough untuk dibeli. Sebenarnya ada beberapa stuffs yg menarik utk dibeli, rompi, kaos, lalu pernak pernik ecek2...model bolpen, stiker, dst dst. Tapi, hmmm...buat apa ya? Ga banyak manfaat...skip...skip. Batal beli...dompet aman :p

Akhirnya, baru jam 14.30an kami masuk ke arena lomba robot. Duh...seperti ke sea world aza...tangan dicap segala...xixixi..norak deh!! *injek2 panitia KRI* Cari tempat duduk...dapat di sayap kanan arena lomba. Yaa...meski rada2 jauh, tapi setidaknya dapat tempat duduk yg cukup nyaman...dan karena ada layar lebar, jadi kebantu banyak.

Liat spanduk...jepret!!! Owww...pemenangnya mau diajak ke Kuala Lumpur toh, dalam rangka kontes robot internasional. Tahun lalu, ITS jika tidak salah yg menang. Lihat sekilas, toleh kiri kanan...jepret pendukung dari Surabaya (foto kanan atas). Saat mc berkata,"Bandung", sebelah kiri gw heboh...Owww...ternyata pendukung ITB ada di situ (foto kanan bawah).

Dari layar lebar, gw ikuti jalannya lomba. Ya ya ya... gw emang tidak terlalu tertarik dg teknologi robotnya, tapi melihat penampilan dari masing2 peserta, lucu2 + keren juga. Ada yg robotnya jalan sekian jauh lalu mendadak mogok. Ada yg robotnya diem setelah nabrak dinding. Ada robot yg setelah ketemu sasaran (lilin yg menyala) bukan memadamkan api lilin, tapi malah keluar dari ruangan. Hahahah...lucu deh...salut..salut..masalahnya mungkin di bagian sensor aza itu sih. Ada yg terlalu sensitif atau sejenisnya (eh, gini2 gw ngerti elektronika loh...enak aza nuduh gw ngomong sembarangan...*tendang para penuduh*)

Robot dari tim ITB juga tidak terlalu oke. Kalo ndak salah, robotnya sempat mematikan api, tapi ujung2nya stuck dan diem di satu tempat. Yg satu lagi, ada robot yg tidak kuat nanjak di jalanan miring. Menempuh sekian jauh, tapi akhirnya malah mundur :D :p Akhirnya, robot dari juara bertahan (ITS) yg punya kemampuan lebih baik dari peserta2 lain. Dia bisa memadamkan api, dan keluar dari ruangan dg sukses, tapi problem yg dihadapi adalah si robot mondar mandir aza...bukannya melewati tanjakan yg telah disediakan...xixixi..:p

Jam 17, gw+temen2 ciao dari UI...pulang ke rumah masing2, sementara gw pulang ke Bandung, naik bis...:p Ga mungkin ke gambir, kejauhan bow...:D

KRI tahun depan, perlu nonton ga yaaaaa?? Auk deh...kalo di UI ato ITB, mungkin gw sempetin nonton...kalo di luar itu, nunggu reportingnya aza deh...:p