Sebagai orang 'nomaden' yg sering bolak balik Jkt-Bdg, gw sering menggunakan jasa2 angkutan yg menghubungkan 2 kota tersebut. Kereta api dan travel merupakan sarana langganan gw untuk 'pindah jasad' dari Bdg ke Jkt, maupun sebaliknya.

Untuk travel, sudah 1-2 bulan ini gw skip...karena pihak PT KAI sedang gencar2nya promosi tiket murah, Rp 30 rebu (kelas bisnis), untuk kereta Parahyangan. Jelas, ini merupakan kompetisi dan jawaban dari PT KAI terhadap maraknya jasa travel yg menjadi saingan mereka. Good point, hal yg serupa juga dilakukan oleh pihak EdFo, dg memberikan pelayanan yg lebih baik, akan membuat customer akan lebih setia. :) ;)

Namun, saat pulang dari nonton Kontes Robot Indonesia (KRI), gw dihadapkan pada pilihan BUS sebagai angkutan untuk pulang ke Bandung. Jarak Depok-Gambir dirasa tidak reliable jika dibandingkan dg Depok-Kp Rambutan. So, ya sudah, gw coba (lagi) angkutan bus.

Terakhir kali gw coba bus, sekitar 2-3 tahun lalu. Saat itu gw gunakan PRIMAJASA, dg tiket seharga Rp 23rebu, gw dah sampe Bdg. Namun mesti diingat, dulu belum ada tol Cipularang. Jadi, Rp 23rebu adalah ongkos utk 3jam perjalanan.

Nah, kali ini gw naik bus PO HARUM GROUP. Beuh...tiketnya Rp 45rebu...selevel dg harga normal tiket Parahyangan kelas bisnis. Tapi gw pikir its oke...toh bakal lebih cepat...2jam sampe, begitu janji kondekturnya.

Tapi, alamak...ternyata janji tinggal janji. Kemacetan dalam kota (Jakarta) saja sudah membuat 40 menit bus berjalan, namun masih di dalam kota. :p Sementara saat masuk jalan tol, kondisi tidak membaik, kemacetan masih terasa...dan akhirnya setelah 2jam bus yg gw naeki masih berada di jl tol. :p

Loh...ternyata bus tidak langsung melewati tol Cipularang, namun keluar dulu di tol Sabang, istirahat 20 menit di sebuah rumah makan. Dan akhirnya bus ngebut saat kembali masuk tol...terutama karena kondisi jalan sudah lebih kosong.

Berangkat jam 17.40 WIB, bus yg gw naeki ini tiba di Bandung (Leuwi Panjang) sekitar jam 21.10 WIB. Tiga jam tiga puluh menit adalah waktu yg ditempuh bus ini. Hmmm.... :-?

So, dari pengalaman ini, gw urutkan sarana transportasi ke Bandung-Jkt (dan sebaliknya) sebagai berikut:
1. Kereta Api
2. Travel
3. Bus
Urutan di atas bisa berubah...tergantung dari pengalaman yg gw alami...termasuk tingkat kenyamanan yg gw rasakan, hehehe... :)