Sepuluh hari lalu, gw terkapar sakit flu berat. Flu yg gw derita cukup merepotkan, karena tidak sekedar panas dingin ataupun batuk pilek, namun LENDIR PILEKNYA SUDAH MENGISI PARU2. :( Hal ini membuat gw susah nafas dan otomatis gerak juga menjadi 'masalah', karena gw kekurangan oksigen.

Sakit gw ini penyebabnya sepele...hanya karena makan (atau minum?) es batu. Dua tahun lebih gw minum es batu dan air dingin di Jakarta, alhamdulillah, ga ada masalah. Namun, entah kenapa, minggu lalu saat gw minum es batu, YANG DIBUAT DI KOS, gw langsung terkapar. :( Padahal es batu dibuat dg air matang, dan kondisi kulkas bersih2 saja. Jadi apa yg salah? :(

Kemaren, gw baca artikel, cuma lupa sumbernya...kalo ndak salah dari koran. Bahwa MENGGIGIT DAN MENGUNYAH ES BATU ITU BERBAHAYA. Hmm...di artikel itu tidak ada penjelasan ilmiah, hanya sekedar pengalaman pribadi si penulis...bahwa dia tidakmenyarankan gigit/ngunyah es batu, karena di dalam es batu itu ditakutkan ada butiran2 udara, yg katanya, bisa membahayakan tubuh.

Well...gw belum nemu artikel ilmiahnya, tapi barangkali memang saran ini ada baiknya diikuti.

Kembali ke gw (doh, narsis), sakit yg gw derita ini membuat gw teler berat...saking telernya, untuk naek tangga di gambir, saat gw memutuskan pulang, buseeettt...bikin badan keringetan dan lemes banget....sampe hampir pingsan. Ini bisa dimengerti...pasokan oksigen yg tidak mencukupi membuat gerak badan menjadi sesuatu yg harus diminimalis.

Syukurlah dokter keluarga (di Bdg) sudah punya obatnya. Tiga hari istirahat total...makan minum yg bergizi dan minum obat, membuat badan gw sehat lagi :)

moral story:
- jangan nggigit/ngunyah es batu
- kalo berobat, lebih baik ke dokter yg sudah 'hafal'/tahu kondisi badan
- jangan mikir hoax dulu, sapa tau memang ada bahan berbahaya di dalam es batu
- es batu buatan sendiri tidak menjamin tubuh kita tidak apa2...lebih baik minum air dingin daripada es batu