Narsis dikit ah...awal minggu ini, tepatnya 24 April ini...tepat setahun gw punya SE K500i, yg gw beli untuk menggantikan Nokia 6510 yg mendadak error dan tidak bisa digunakan karena matot (mati total). Sempet bingung juga awalnya, mesti beli hp apa...yg tidak terlalu mahal, namun cukup memadai.

Well...bukannya ga ada duit buat beli hp yg mahal...namun, gw pernah kecopetan hp pas masih di Bdg, so sejak itu gw prefer hp yg biasa2 aza... Nah, kebetulan, 2minggu sebelumnya, temen gw cerita kalo dia kecopetan O2 di metromini, so, makin yakin untuk ndak beli hape mahal :D

Beberapa hp sempat gw incer...seperti Nokia 6610i, 6230, Motorola...namun akhirnya dg menganggarkan bujet 1.75jeti, gw ambil K500i, karena kala itu dg harganya 1.65jeti fasilitas yg ditawarkan cukup banyak dibanding hape lain dg harga yg berkisar sama (eh, gw dapat diskon sehingga dapat dg harga 1.6jeti saja). :D Fasilitas2 'lebih tersebut' adanya kamera, pemutar mp3, pemutar film (.3gp), dan memori yg cukup besar (12mb). Dan setelah gw beli, ternyata bentuk SE K500i ini tidak mengecewakan..cukup enak digunakan. :)

Setahun telah berlalu...saatnya gw review produk ini. Secara fungsional dan kinerja...K500i ini cukup baik...terbukti walau pernah jatuh beberapa kali (lebih dari 5kali, beberapa diantaranya gara2 gw simpen di kantung baju), K500i masih berfungsi normal...tidak ada masalah yg berarti, bahkan kameranya masih bisa digunakan untuk jepret2 peristiwa dadakan.

Hanya saja, ada beberapa KELEMAHAN K500i yang kadang bikin gw sebel:

1. Datanya susah ditransfer ke komputer.
Untuk memindahkan data, seperti sms, gw dah cari, gada sopwer yang bisa digunakan untuk transfer. Padahal, kadang ada sms2 penting yg mesti gw save. Solusi: gw pindahin sms2nya ke Nokia 6510gw, baru transfer.

2. Transfer gambar yg SAK2DEMAK!!!
Kenapa sak? Karena gw mesti pilih satu persatu gambar/foto yg hendak gw transfer ke komputer (dg infra red). Ada fasilitas mark some files, namun pas gw mau pilih transfer, pilihan itu tidak ada. Yang ada hanya move (to other folder) atau hapus. Hanjrit...gw pernah mindahin 35 foto, satu per satu...gempor bow...!! :(

3. Tidak ada memori tambahan.
Masa cuma 12mb?? Bah..kurang banget deh..:(

4. Untuk menulis sms, kekurangannya dibandingkan Nokia, tidak bisa insert phone number.
Jadi, misalnya gw mau kirim beberapa no hape, maka gw mesti tulis dulu di kertas, baru gw ketikin di sms. Bah...Nokia jauh lebih baik...dia ada fasilitas insert phone number. Di K500i ini ada pilihan add items, tapi tidak ada insert phone number. HUH!!!

5. Jumlah notes yg terbatas.
Kenapa masih dibatasi? Mestinya gunakan saja sisa memori hp yg tersedia...toh, lumayan masih bisa dipake...

6. Penyimpanan tanggal2 penting yang buruk.
Misalnya gw set 17 Agustus sebagai HUT RI. Gw set di tahun 2006, maka pas gw pindahin tgl ke 17 Agustus 2007 tidak ada tanda khusus...!! Nokia 6510 masih lebih oke. Sekali set tanggal2 penting (terutama ulang tahun), tahun depannya akan tetap muncul, kecuali beberapa tgl2 penting yg diset selain ulang tahun (meeting, dst).

NAMUN, DARI SEMUA KELEMAHAN DI ATAS, BERIKUT INI ADALAH KELEMAHAN SE K500i YANG PALING MENJENGKELKAN.... 7. FASILITAS LOCK KEY TIDAK BERFUNGSI 100% SEMPURNA...PALING CUMA 68%!!! Kenapa begitu? Terkadang K500i gw suka kirim sms sendiri (sms blank) dan dial sendiri...terutama kalo pas gw simpen di tas pinggang...kadang2 pas gw cek, lhooo...ada sms2 kosong yg gw kirim ke satu nomor tertentu. Well...walau tidak sering terjadi, namun cukup menjengkelkan...karena kirim2 sms (kosong) jelas ngurangi pulsa donk...!! :(

Awalnya gw bingung...apa yg salah ya?? Ternyata setelah gw coba dan perhatikan dg seksama...ternyata kejadian ini bisa terjadi jika ada sms masuk dan/atau miskol. Walau tombol hp dalam keadaan locked, namun ternyata ada tombol2 yg aktif. Tombol2 ini diaktifkan dg memberi pilihan kepada kita apakah hendak melihat sms/miskol yg masuk. Nah, celakanya, jika hape ini ada di dalam tas pinggang, kadang kepencet2 gitu...nah, bisa jadi yg kepencet adalah fungsi reply (jika sms yg masuk) atau fungsi dial (jika ada miskol masuk). Kejadian yg parah terjadi kemarin...hp gw berinisiatif untuk menelpon orang selama 5 menit...gwakakaka...dan 'sialnya', yg ditelpon juga tidak ngerti...malah dibiarkan selama 5 menit, si hape gw ini ngirim info2 'tak jelas'...ahahaha...asem....habis pulsa gw dah..:D :))

Well...selain kelemahan2 di atas...SE K500i ini cukup oke kok...malah gw liat di iklan baris, harganya setelah setahun ini tidak drop terlalu jauh...bedanya 50rebu - 100rebu lebih rendah dari tahun lalu. Hmmm..nampaknya produk sukses dari SE ini...!! :)

Oya...ada SATU KELEBIHAN K500i dibanding produk mid-level lainnya. Jika kita set silent, maka pada saat memoto, tidak ada suara "JEPREETTTT..." yg kencang :p Berbeda dg produk lainnya yg serupa...K300i, K700i, K508i, ataupun K750i. Meskipun mode silent, tapi kalo dipake moto, tetap... suara "JEPREETTT...."masih cukup keras terdengar. Asik nih...bisa dipake moto 'diam2' kalo lagi di angkot, huaahahahahha..:))

Tapi, duh...kok jadi pengen ganti hape nih...:p