lupa, nyomot dari mana...tapi okeh punyah nich tipsnyah...

1. setelah buang air kecil, bersihkanlah organ kelamin dengan air. kebiasaan ini membantu urinary bladder berkontraksi sehingga tidak ada sisa air seni yg tinggal di dalam, yang jika berakumulasi bisa menyebabkan batu ginjal atau penyakit lain. juga akan membersihkan bagian kulit luar dari drop air seni yg tersisa.

2. untuk yg laki nih, organ kelaminnya perlu dilindungi kebersihannya dengan cara: sunat, atau kulit ujung kelamin ditarik kebelakang secara permanen.iniakan mencegah beberapa penyakit yg bisa timbul dari ketidak-higienisan kelamin, juga mengurangi gatal-gatal dan stimulasi berlebihan.

3. rambut-rambut yang ada di badan, khususnya yang ada di ketiak dan sekitar kelamin, janganlah dicukur. selain itu rambut itu perlu disabuni dan disisir setiap hari seperti halnya rambut di kepala. rambut2 itu ada tujuannya, yakni untuk mengatur suhu dan kelembaban bagian tubuh dibawahnya. di sekitar rambut itu terdapat banyak kelenjar limphatic. jika dicukur menyebabkan bagian itu lebih panas, menstimulasi produksi kelenjar limphatic berlebihan, yang berarti menurunkan fungsi kelenjar thyroid dan parathyroid. artinya tubuh semakin aktif berlebihan, sedangkan daya konsentrasi atau kerja pikiran berkurang.

4. gunakan pakaian dalam yg dapat menyangga alat-alat vital dengan baik, namun juga tidak membatasi kelancaran aliran darah.

5. mandi-setengah; dilakukan sebelum makan, sebelum tidur, sebelum meditasi atau ibadah. gunanya untuk mendinginkan suhu badan dan juga menyejukkan pikiran. caranya: usapkan air ke bagian perut bagian bawah dan belakang, di kaki sampai lutut, lengan bahu sampai jari-jari tangan, leher dan muka, kumur-kumur air di mulut sambil memercikkan air minimal 12 kali ke mata.

6. mandi setiap hari dua kali

7. Makanan-minuman: kurangi makanan non-vegetarian dan perbanyak konsumsi makanan yg vegetarian dan kalau bisa yg organik

8. berpuasa secara rutin untuk membersihkan sisa-sisa makanan yg masih melekat di dalam tubuh.

kalau bisa secara rutin mengikuti 8 anjuran di atas, yakin deh badan anda semakin sehat, ringan dan bersinar...