Wah..ternyata pemerintah memang fakir fasilitas angkutan nich. Gw perhatikan dan alami, fasilitas angkutan dari dan untuk ke Depok, sangatlah sulit didapat. Sebagai contoh, gw ambil sampel bis 48 (grogol - depok), 86 (depok - kota) dan 102 Fisika (depok - tanah abang). Penampakan mereka sangatlah jarang...pernah aku hitung, dalam 1 jam, hanya 2 bis yg muncul...itupun dg waktu yg tidak jelas juga:(

Padahal, jika memang pemerintah (terutama DKI Jakarta) ingin mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, mbok yaaa fasilitas angkutan ditambah dan dibenahi. Ke-3 bis di atas sih aku lihat sudah cukup oke layanannya...ada ac-nya, jadi tidak terlalu pengap dan kepanasan...keamanannya (sejauh ini) cukup oke juga...sopirnya tidak ugal2an seperti sopir metromini.

Salah satu bis yg cukup oke (bisa dijadikan contoh) adalah Trans Kemang (Jakarta - Bekasi). Gw pernah naek bis itu, dan waooowww...asik punya dah fasilitasnya. AC, kursi yg nyaman, pelayanan yg ramah, ada tv-nya pula (meski waktu itu gw bete banget, soalnya malah nyetel vcd karaoke...dg lagu2 yg menyebalkan...xi xi xi...).

Namun, yg menjadi kendala adalah penentuan tarifnya. Utk 3 bis ke depok, tarifnya Rp 4800. Namun trans Kemang (terakhir gw naik) Rp 7000. Berat juga yaa?? hehehe...

Kemarin gw sempet nyoba naek kereta dari Depok (UI) hingga ke Tebet. Hmmm...kondisinya SANGAT MEMPRIHATINKAN...kenyamanan nyaris tidak ada. Kaca2 jendela retak2 + pecah, kebersihan tidak jelas, (terlalu) banyak penghibur jalanan (mulai dari pengamen hingga doger monyet) belum lagi para pedagang. Bweehhh...:p Menurut temen gw, untuk keamanan, sebenarnya cukup oke...tapi gw ingat ada kasus anak UI meninggal karena dilempar dari kereta, membuat gw tidak yakin dg keamanan yg ada. Padahal jika dilihat dari harga tiket, yg 'CUMA' Rp 1500, mestinya yaa...pada mbayar geto looohhh...:p

Untuk kecepatan, dg kereta jauh lebih oke. Dari Depok hingga Tebet, gw tempuh dalam waktu 30 menit-an, jauh lebih cepat jika menggunakan sarana darat lainnya. Mestinya jika sarana kereta diperbaiki dan dibenahi, orang2 akan lebih memilih sarana ini dibandingkan mobil...MESTINYA LHOOO... :)

Jadi kesimpulannya...PERBANYAK + BENAHI FASILITAS ANGKUTAN, PLEASEEEE...!!! xi xi xi....