Hmmm...Minggu pagi ini gw 'kepaksa' pulang pake travel lagi (setelah hampir 3bulan tidak pernah lewat tol). Gara2nya?? Jelas dong...kesiangan sehingga ga bisa pulang pake kereta utk jadwal pagi, heheheh...:p

Dalam perjalanan, baru ingat, bahwa tol Cipularang sempat amblas beberapa hari lalu. Isunya sih sudah diperbaiki dan bisa dilewati lagi...bukan ga percaya, tapi hmmm...mending dibuktikan sendiri dah :)

Ternyata benar..menjelang kilometer 91,2 (atau 91,6) terlihat adanya pengaspalan ulang ruas jalan. Nampak masih baru...sialnya, karena sopir travelnya sedang diburu setoran, gw ga sempat ambil skrinsut :( Yang jelas dan terasa, jalan yg (semula) ambles tersebut sudah diperbaiki dengan sebaik-baiknya. So, insya ALLOH sudah tidak ada masalah lagi (mudah2an, hehehe..) :)

Berbicara tentang kondisi jalan tol Cipularang (jika tidak salah sudah ganti nama menjadi tol Purbaleunyi), ada beberapa catatan yang hendak gw tulis di sini:
1. Kondisi (keseluruhan) jalan tol SEMAKIN BURUK. Yg gw rasakan, kok semakin banyak permukaan jalan YANG TIDAK RATA?? Well...paramaternya gampang...gw jadi GAMPANG PENGEN KENCING (xi xi xi...) akibat terlalu sering melewati jalan tidak rata. :p

2. Alasan dari penyebab amblasnya sebagian jalan tol (berdasar dari keterangan resmi) adalah kondisi aliran air yang menggerus bagian bawah tanah jalan, sehingga terjadi tanah longsor. Hmmmm...gw mo tambahin keterangan ini (eiitsss..gini2 gw dulu belajar Fisika Bumi, jadi yaaa..tau lah, dikit2, ttg kondisi tanah). Pembangunan jalan tol ini MENGGERUS BEBERAPA BUKIT yang terdapat di sekitar kota Purwakarta. Nah, KONDISI UMUM dari sebuah bukit adalah TANAH YANG GEMBUR, sehingga jika terdapat aliran air yg cukup banyak (dari hujan misalnya) akan terjadi longsoran tanah, sehingga tanah menjadi amblas. Namun, perlu diingat...ini bukan faktor tunggal. Hal lain yg mesti diperhatikan adalah KONDISI TANAH DI JAWA BARAT YANG CENDERUNG (MASIH) DINAMIS. Untuk mencari tahunya, gampang sekali...PERHATIKAN KONDISI JALAN YG (BARU) DIASPAL. Kira2 (minimal) 2-3bulan setelah pengaspalan, jalan2 yang ada di Jawa Barat ini akan BANYAK MUNCUL 'bopeng2' sepanjang jalan...hal ini terjadi dikarenakan rata2 kondisi tanah di Jawa Barat masih suka bergeser, akibatnya terjadi tarikan dan dorongan dari jalan2 yang baru diaspal. Hasilnya jelas..muncul ketidak rataan jalan.

Hmmm...segini saja cuap2nya...dah ngantuk+cape pasca perjalanan tadi pagi, hehehe...:p