Gw perhatikan, ada beberapa pekerjaan yg (menurut gw) membuat ybs 'TIDAK BISA' nyambi di bidang yg sama. Beberapa bidang pekerjaan tersebut:
1. Direktur. Ini jelas...mana ada direktur nyambi jadi direktur lain...untuk bidang yg sama lho. Kalo nyambinya jadi direktur perusahaan yg bidangnya berbeda...sudah banyak contohnya. Namun, gw belum pernah dengar Direktur Mikocok Microsoft, si Bill Gates jadi Direktur Oracle. :p

2. Sekretaris. Aktivitas sekretaris sangatlah padat...mungkin sama padatnya dg kesibukan bossnya. Jadi, 'tidak mungkin' pulang kantor perusahaan A, dia nyambi jadi sekretaris di perusahaan B. Yg sering terjadi, sekretaris nyambi jadi 'piaraan' boss2 :p

3. Customer Service. Pekerjaan ini mungkin nyaris sama dg no 2. Contoh paling ekstrim, belum pernah gw temui ada CS Telkomsel nyambi jadi CS Pro XL. :D

4. Teller. Dg alasan yg sama dg poin 2 dan 3.

5. Network Engineer. Selain alasan yg nyaris sama dg poin2 terdahulu...alasan lainnya adalah waktu kerja yg 'TIDAK MEMUNGKINKAN' seorang NE utk nyambi. Waktu kerja NE ~ 24 jam utk mengurusi network yg menjadi tanggung jawabnya. Kecuali dia bisa kerja remote...namun, dari cerita temen gw yg kerja sbg NE, nyaris mustahil dia nyambi.

6. Field Engineer. Pekerjaan ini biasanya selalu berada di lapangan. Jadi, jelas2 MUSTAHIL dia bisa nyambi...jadi FE Halliburton sekaligus FE Schlumberger. :D :))

Sementara ini, baru pekerjaan2 itu yg bisa tuliskan (+ beri alasannya). Mungkin ada yg bisa menambahkan?? :)

Oya...utk nyambi di bidang yg tidak sama ga gw bahas...karena pada dasarnya nyambi bisa dilakukan utk (hampir) semua bidang (kecuali yg dah gw tulis di atas). :)