Nyambi adalah nama lain dari kerja tambahan...ada juga yg menggunakan istilah ngorder, side job, dst dst. Well..apapun istilahnya, maknanya sama, bekerja di luar kantor resmi untuk mendapatkan penghasilan (tambahan). Penghasilan tambahan dibutuhkan untuk banyak hal, mulai dari memenuhi kebutuhan rumah tangga, membayar cicilan rumah, menabung untuk biaya S2, biaya nikah, bahkan juga ada yg berencana untuk membeli honda Jazz. *wink...wink...*

Banyak orang mengidentikkan nyambi ini dengan pegawai negeri. Hmmm...anggapan ini tidak sepenuhnya salah, jika kita melihat dan membaca nasib (hampir semua) PNS yg gajinya tidak memadai untuk mencukupi kehidupannya selama sebulan. Namun, jangan lupa, banyak juga orang swasta yg kerja nyambi...dg tujuan2 yg gw sebutin di atas.

Gw sendiri sebenarnya bukan termasuk orang yg 'doyan' nyambi...gw lebih suka fokus pada 1 kerjaan dan menyelesaikan sesegera mungkin. Namun, ternyata PELUANG KERJA TAMBAHAN DI JAKARTA SANGATLAH BANYAK, selama NETWORKING kita cukup oke. :p Akibatnya, 3 bulan setelah gw pindah ke Jakarta, mulailah gw 'belajar' nyambi.

Kenapa gw sebut 'belajar'?? Well..karena gw belum pernah nyambi sebelumnya, jadi seraya menjalani, gw mempelajari banyak hal yg mudah2an bisa gw ambil manfaatnya. Ternyata memang BANYAK SEKALI orang (di Jakarta) yg kerjanya dobel, bahkan triple (gw sendiri pernah coba nyambi di 2 tempat, jadi megang 3kerjaan sekaligus...tapi ga kuat euy...jadi gw lepas 1 dah), nyambi sana nyambi sini. Bahkan temen2 gw sendiri banyak yg menjalani kerja dobel. Salah satunya berhasil punya rumah di daerah Cengkareng (halo Mid...hehehe...)

Asam garam nyambi dah gw rasain...mulai dari yg emang kerjanya 'asik', sampe yg dibayar 3M (makasih..makasih..makasih..), heheh.. :p Untuk yg dibayar 3M ini, gw bener2 bete abissss...soalnya ternyata (di ujung kontrak) gw ternyata dijadikan bemper ama temen gw yg nge-hire gw...padahal alasan gw mau nyambi di tempatnya adalah utk nolongin dia, bantuin dia. Tapi, ternyata kaya gini balasannya...yaaa sudahlah, gw ambil hikmahnya aza...GA USAH BANTU MACEM2 LAGI KE DIA...hehehe..:p

Jika dihitung2 dari man/hour atau man/day, nyambi lebih menguntungkan, karena bisa jadi kerja lebih santai namun penghasilan yg didapat lebih besar dibandingkan jika kita ngantor biasa. Bahkan, gw sempet baca berita, ada orang yg hasil nyambi bisa 5-6x lebih besar dari gaji kantornya...so, dia keluar dari tempat kerjanya, dan menjalani (dg serius) kerja nyambinya ini. (duh, gw lupa siapa dan di mana gw baca artikel itu...sorry).

Hmmm...setelah sekian lama gw nyambi, gw melihat ada beberapa hal (tips) yg mungkin berguna berkaitan dg nyambi ini:
1. Nyambi-lah di bidang yg sejenis.
Maksudnya, jika nyambi hendaklah kerja di bidang yg sama. Misalnya programmer yaaa..nyambinya sebagai programer, jangan nyambi jadi pelayan restoran saji cepat (fast food). Manfaatnya...bidang yg disambi sudah dikuasai, jadi tidak perlu banyak adaptasi. Selain itu, dg kerja di bidang yg sama, jam terbang lebih banyak, sehingga skill lebih oke.

2. Kerjakan di luar jam kantor.
Well...gw sempat ngalami nyambi yg jamnya bentrok dg jam kantor. Doh...ga enak banget...meski untuk urusan absensi, kantor gw ga terlalu rese...cuman, yaaa...etika bung. :p So, usahakan nyambinya di luar jam kantor...biar semua senang, tidak ada yg dirugikan.

3. Periksa skillmu dan scope kerjaan.
(sedikit berkaitan dg no 1) Ini berguna untuk kecepatan menyelesaikan pekerjaan. Skill oke dan scope kerjaan yg sudah disepakati akan mempermudah dan mempercepat penyelesaian pekerjaan. Skill kurang oke namun scope memenuhi bisa diatasi dg banyak belajar. Paling parah skill tidak oke, sementara scope melebar kmana2...dijamin jadi proyek ORACLE (ORA CLEAR-CLEAR, ndak selesai2 maksudnya, xi xi xi...)

4. Nilai jual.
Dg melihat skill yg loe punya, sudah waktunya loe mengukur berapa duit yg 'layak' loe terima. Ingat, jam terbang makin tinggi ~ skill makin oke = duit yg bisa didapat makin tinggi. Yg jelas, loe mesti ngukur dg 'wajar' antara skill dan nilai jual. Jangan kaya anak itebe, kadang2 skill kagak punya, masih pres greduet, tapi minta gaji sampe 5juta...emangnya company nenek moyangnya apa?? hehehe...:p

5. Perhatikan waktu yg loe punya.
Well..banyak orang yg nyambi tanpa ngecek waktu yg dia punya. Akibatnya, dia terlalu fokus dg nyambinya dan tidak sempat beristirahat ataupun memanfaatkan waktu luang yg sebelumnya dia miliki. Well...ini JANGAN SAMPAI TERJADI. Nyambi boleh, tapi jalan2 atau baca komik atau nonton anime(pengalaman gw sih, kalo dah nyambi susah ngejunk lagi...xi xi xi...paling banter ngeblog lah) mesti dilakukan juga, biar loe ga stres.

6. Jaga kesehatan.
Nyaris sama dg poin 5, banyak orang nyambi tapi melupakan gizi yg masuk. Akibatnya, saat nyambi dia malah jatuh sakit. Efeknya jelas..kerjaan ga kelar (nyambi+kantor), duit ga dapat (malah mesti keluar duit buat ongkos pengobatan). So, hati2 oke?

7. Cek kontrak.
Terakhir, loe cek kontrak yg loe akan tanda tangani. Jika perlu, bawa pulang draft kontrak agar loe bisa pelajari dan telaah tiap point yg tertulis di sana. Jika ada yg ndak berkenan, ndak usah takut untuk minta revisi.

Well...mudah2an tips ini bisa berguna...so, kalo emang loe2 pade punya temen yg ngajakin loe nyambi, dan loe pikir its oke...silakan baca lagi tips gw...jika memang dirasa loe bisa memenuhi, kenapa tidak nyambi mulai besok?? ;)

MET NYAMBI...DAN SEMOGA BISA DAPAT DUIT BANYAK YAAAA...?? :D