Gw pernah tulis artikel tentang dioper (saat naik kendaraan umum). Beberapa hari terakhir ini, gw ngalami lagi hal itu...2 kali di malam hari (sekali dioper, sekali 'terima' operan) saat pulang dg P62 dari kantor tebet...1 kali di PAGI HARI dioper ke P20 lainnya, dg kasus yg paling 'menyebalkan', soalnya P20 yg gw naiki LEBIH PENUH dari yg nerima operan...dasar sopir + kondektur makan bayaran buta...!! :p *pgn injek2 dan tendang dah...*

Ada yg kasus yg 'mengerikan' terjadi saat kasus dioper di P62.

Kalo ndak salah, ada 6-7 penumpang yg dioper (termasuk gw). Nah, P62 yg gw naiki ternyata kursinya masih banyak yg kosong...tapi masih lebih penuh daripada P62 sebelumnya. So, gw duduk di urutan ke 2 atau 3 dari depan. Gw sempat ngeliat kondekturnya rada2 sangar...dg tato di kanan kiri + wajahnya yg rada sangar.

Nah, dari 6-7 penumpang itu, ada mbak2 yg ga mau duduk, padahal kursi kosong masih banyak. Dia malah berdiri di dekat pintu...akibatnya dia 'terombang ambing' saat P62 melaju kencang (+rada2 ugal2an...maklum, dah malem...). Melihat hal ini, kondekturnya (dg baik hatinya) menyarankan si mbak2 utk duduk...selain agar tidak dikira sudah penuh, ini demi keselamatannya sendiri. 'Salahnya' si kondektur ini...dia berkata seraya 'ngencring2in' uang logam di tangannya...berkesan nagih ongkos. Tindakan ini membuat si mbak2 naik pitam.

Lalu terjadilah 'adu otot'. Well, dialognya gw ga apal persis, tapi yaa...68% kaya gini laahh...:p
M: "Hei..gw dah bayar...ngapain loe tagih lagi??"
K: "Sori deh...tapi tolong situ duduk...biar gada kejadian apa2 (mungkin maksudnya si mbak2 itu ga jatuh)."
M: "Ga..gw bediri aja...lagian deket kok...!!"

Kondekturnya ngalah..dia pergi, nagihin penumpang lain yg baru naik.

Tunggu punya tunggu...dekatnya si mbak ternyata ga sedekat yg diperkirakan sopir+kondekturnya. Giliran sopir yg minta si mbak utk duduk...dan si mbak masih ngeyel utk tetap berdiri. Gw ga inget persisnya, tapi tau2 si mbak mbentak kondekturnya...

M: "Ape loe liat2...??"
K: (masih sopan) "Ga..gw cuma mo ngasih tau, mendingan situ duduk aja..."
M: "Ape urusan elo...mau duduk mo bediri...gw2 ini.."
K: (mulai mangkel) "Yaaaa...dibilangin baek2 kok malah marah...(dan ini salahnya si kondektur, ngomong kaya gini) Udah ga bayar, ngeyel...ntar kalo kejadian, kite2 yg disalahin."

M: (makin marah) "He...gw dah bayar ke kondektur yg tadi ye...lagian loe pikir gw ce ga berani ngelawan elo hah?"

Kondekturnya jelas jadi marah...maksud dia + sopir baik, malah si mbak buka front pertempuran. Terjadi adu cekcok di P62...gila...pokoknya seru banget...sopirnya sampe minta kondekturnya minta maaf ama si mbak...tapi ga digubris ama kondekturnya, karena dia merasa sudah ngingetin baik2. Si mbak juga ga mau kalah...ngotot terussssszzz...

Gw ga tau gimana kelanjutannya, soalnya pas di kalibata gw turun...ninggalin perseteruan yg masih berlangsung di P62. Sambil nyebrang jalan...gw mikir, pantesan pembunuhan gampang terjadi di Jakarta. Orang yg sudah baik2 memberi saran, malah dimaki2. Kalo yg dimaki2 jadi kalap + bawa senjata tajam (atau cari senjata), alamat akan terjadi pertumpahan darah. :(

Phew...Jakarta Jakarta...:(