Hmm...sudah 17 hari sejak gw jadi 'Berhala ID Gmail', gw mo bagi2 tips ngejunk di kampung Gadjah, terutama buat para junker pemula (amatir, bau susu, bau kencur, newbie...apapun itu istilahnya). [perhatian: tips ini bisa bertambah dan berubah isinya sesuai dengan kebutuhan dan tambahan informasi yg didapat.]

Sebelumnya, gw cantumkan dulu posisi gw saat artikel ini dibuat:
This month's top posters
1955
rakyatjel...@gmail.com
1195
fahmi.junkers.gend...@gmail.com
1021
starc...@gmail.com
983
joanie.p...@gmail.com
933
basiban...@gmail.com
919
jbas...@gmail.com
741
achm...@gmail.com
734
priaberkup...@gmail.com
704
byon...@gmail.com
681
nomadel...@gmail.com

All time top posters
10790
fahmi.junkers.gend...@gmail.com
7819
benn...@gmail.com
7254
cro...@gmail.com
5549
starc...@gmail.com
5327
rakyatjel...@gmail.com
4988
andrians...@gmail.com
4811
godza...@gmail.com
4155
idban.secan...@gmail.com
4137
lan...@gmail.com
3927
enda....@gmail.com

Oke...berdasar pengalaman 9 bulan ngejunk di kampung Gadjah, ada beberapa hal yg mesti diperhatikan saat hendak ngejunk di kampung Gadjah.
1. PIKIR DULU SEBELUM SUBSCRIBE DI ID GMAIL
Mengapa musti mikir dulu? Karena postingan yg bakal loe2 pade terima jumlahnya bujubune ga ketulungan, apalagi kalo gw sudah turun tangan ngejunk, bisa2 yg nongol di inbox loe, nick name gw mulu...hekekke...:p Yang lebih parah, kadang loe bakal menemui KESULITAN untuk UNSUBSCRIBE, meski sudah tertera jelas caranya di footer postingan. :D

2. GUNAKAN ACCOUNT ID GMAIL
Mengapa musti menggunakan account id gmail? Ada banyak alasannya.
  • SIZE DOES MATTER. Mengacu dari poin 1, jika loe2 pade pake account dg kapasitas email <= 1 Gb, bisa dipastikan akan jebol, sejebol-jebolnya, tuh mail account. Apalagi pake mail provider dari dalam negeri, akan mengalami kesengsaraan seperti Priyadi. Lha wong kapasitas 2,6Gb saja masih kurang kok...:p
  • THREADING SYSTEM YG OKE. Maksudnya, jika ada yg ngereply suatu thread, otomatis thread tsb akan langsung nongol lagi di posisi teratas. Mudah untuk dibaca dan bisa segera tahu thread apa yg sedang asyik dibicarakan.
  • SESUAIKAN DG KAMPUNG. Lha wong ngejunk di google groups, kok malah pake mail account 'buatan orang lain'??
3. TEGAR HATI, GAGAH BERANI, BERANI MALU, DAN BERANI DIPERMALUKAN
Ini terkait juga dg poin 1. GA AKAN GW JELASIN DI SINI...JOIN AZA DI MILIS GADJAH, DAN RASAKAN SENDIRI SENSASINYA..!! :D

4. MUSTI PUNYA BANDWIDTH YG KENCANG/MEMADAI. Para FAKIR BANDWIDTH tidak dianjurkan ngejunk, apalagi yg pake dial up... Bagi para pemakai dial up, mungkin terasa asyik reply, tapi silakan sport jantung jika tagihan internet datang. :p

5. KECANDUAN. Ngejunk di kampung Gadjah BISA BIKIN KECANDUAN...!!! Terbukti sudah menelan beberapa korban (tidak perlu disebutkan).

6. KEBINGUNGAN dan 'TERSESAT'. Well...karena trafik yang sangat tinggi, maka kadang loe2 yg baru masuk akan merasa kebingungan dg postingan yg nongol di inbox. Belum lagi 'tersesat', karena kadang antara judul subject dan isinya tidak nyambung. Well...coba BACA dulu TAO ID Gmail...jika perlu pelajari beberapa kosa kata 'penting' di Wikipedia Kampung Gadjah.

7. BUAT ACCOUNT KHUSUS UNTUK NGEJUNK. Ini dimaksudkan agar tidak terjadi kesalahan fatal. Misalnya ada email wawancara masuk, tapi karena secara 'default' anda sudah terkondisikan ngejunk, maka loe ngereply mail wawancara tersebut dg pesan junk... "REPLY", dan hilanglah masa depan kerja loe :p

Oke, setidaknya 7 poin di atas bisa dipikir, dibaca, dipikir lagi, dibaca ulang, dipikir lagi, dan akhirnya direnungkan dulu... daripada nanti menyesal :p :D :))

Sudah jadi warga kampung??

Oke...sekarang gw lanjutin ama tips ngejunknya..
1. Perhatikan rate ngejunk loe. Saat bulan April, gw ngejunk gila2an...sampe2 account gw yg pertama (mfahmia2705 at gmail dot com) disuspend. Mungkin ini adalah peristiwa suspend pertama yg terjadi di kampung :p Saat itu gw emang ngejunk gila2an...seingat gw...gw ngejunk 100posting/30 menit. Bisa diterjemahkan 10posting/3menit atau 3posting/menit atau tiap 20 second gw kirim 1 postingan. Gw langsung bikin account baru, dan yg sampe sekarang gw gunakan KHUSUS buat ngejunk. Well...terakhir gw disuspend, sekitar seminggu sebelum gw posting ke 10.000, padahal rate posting sudah dikurangi...sekitar 70 posting/jam. Dg kata lain, gw posting 70 posting/60 menit, atau 1,1 posting/menit. Duh..susah juga ngikutin rulenya oom Gugel. So, BATAS AMAN LOE NGEJUNK, gw saranin nich, 60an posting/jam. Jadi, cukup 1 posting/menit. Lebih dari itu, jika disuspend, gw ga tanggung jawab...:p

2. Kena suspend? Apa sih suspend itu?? Suspend itu, kalo:
  • loe merasa dah posting sekian banyak, tapi gada yg nongol di inbox/direply warga lain
  • ga ada posting yg masuk ke inbox loe
  • saat ngeclick http://groups.google.com/group/id-gmail/post?_done=%2Fgroup%2Fid-gmail%2Fabout%3F&, ternyata keluar 'surat cinta' dari Oom Gugel.
  • dapat surat cinta dari Om Gugel.
3. Template replyan surat cinta Oom Gugel.
Kalo loe2 pade ngerasain suspend dari Oom Gugel, jangan panik...gw dah sediain templatenya...:p Sudah banyak yg nyoba, diantaranya si Byonic dan Jidats. DIJAMIN AMPUH LAH (garansi 1000%) balasan surat cinta dari Oom Gugel ini... :p Click di sini untuk mendapatkan contoh templatenya.

Oh ya, MESTI ADA RALAT untuk statement ttg gw di wikipedia id gmail. Di situ tertulis:

Fahmi dan Ban

Fahmi tercatat dua kali di-ban oleh googlegroups sehingga tidak boleh posting.

INI KEBOHONGAN BESOARRRR...
Yang benar, gw dah di-SUSPEND (oleh Om Gugel) sebanyak ENAM KALI. :D

Kagak percaya??
Nih liat skrinsut surat cinta dari Om Gugel :p