woro2Akhirnya, kesampaian juga niat gw utk donor darah:) Gw pikir acara donor darah ini ditiadakan, soalnya hingga Rabu siang tidak ada pengumuman, padahal biasanya ini dah jadi kegiatan rutin. Eh, tak dinyana pas Kamis sore ada pengumuman donor darah, so hari Jum'at ini, sesampainya gw di client, setelah nyimpen perlengkapan perang, gw cabut ke lt 3, siap2 donor.

Well...ini pengalaman pertamaku donor darah. Oke...berikut ini langkah2 untuk donor darah:
021. Isi formulir warna merah muda (aku ndak sempat tanya, kenapa formulirnya warna pink, apakah menunjukkan orang2 yg donor = punya hati?? cieee...). Hmmm...banyak be'eng yg mesti diisi. Lalu ada keterangan mengenai apa&bagaimana donor darah yg aman. (lihat donor-01.jpg)
03032. Selesai diisi, formulir diserahkan di meja sebelah. Di situ gw dicek golongan darah. Meski gw dah bilang bahwa golongan darah gw B, si ibu masih ngotot pengen meriksa. Ya udah, daripada ribet, ikutin aza. Oya, 0405nojos jarinya menggunakan alat khusus, jadi tidak pake jarum biasa. Alat ini sekali pakai langsung dibuang, jadi agar potensi penularan penyakit bisa dikurangi/ditiadakan. Tuh kan B kata gw begitu si ibu mengiyakan golongan darah gw B.(lihat donor-02.jpg - donor-05.jpg)0607
3. Meja berikutnya, diukur tensi darahnya. Hmmm...hasil pemeriksaan, tensi gw 110/80. SEHAT WAL 'AFIAT, ALHAMDULILLAH :) So, bisa donor darah sekarang :) (lihat donor-06.jpg - donor-07.jpg)
094. Selesai pemeriksaan, sekarang saatnya pengambilan darah. Karena cukup banyak yg antri, akhirnya gw simpen kartu gw di salah satu tempat pengambilan darah. Lalu gw nunggu dipanggil. (lihat donor-09.jpg)

Nah, seraya menunggu panggilan, aku mulai scanning hal2 yg menarik di tempat donor. Dengg...ga lama nunggu, sudah ada kejadian. Seorang bapak2 yg baru donor darah, saat hendak keluar ruangan tiba2 aku melihat lengan kirinya (yg baru digunakan untuk donor) mengeluarkan darah. Darahnya MUNCRAT coyyyy...!! Njrit, kaya kalo08 selang yg sedang dialiri air trus kita tojos dg jarum, nah kan mancur tuh airnya. Nah ini juga mirip kaya gitu meski ngucurnya tidak terlalu tinggi. Pak Yogi, nama bapak2 ini, langsung berlari ke meja di point 2 di atas. Beberapa saat di sana, tiba2 ibu petugas di meja 2 teriak2 minta tolong bantuan. Ternyata pak Yogi PINGSAN...akhirnya pak Yogi digotong dan ditidurkan di meja. Setelah diberi kapas yg ada sulfur(?) untuk menyadarkan orang pingsan, pak Yogi terbangun. (pak Yogi lihat donor-08.jpg, yg baju krem)

Nah, 'dogolnya', pak Yogi malah dibecandain ama temen2nya. Ada ibu2 (bjilbab) yg nawarin mo ngasih nafas buatan. Walhasil, orang2 pada ngakak...entah pak Yogi, ikut ngakak ato cuma mesem2. Pokoknya digodain abissss... Setelah beberapa saat, pak Yogi sudah bisa bangun lagi. Ternyata doi TAKUT MELIHAT DARAHNYA BERCECERAN :D :)) :p

Ajang donor darah ternyata berubah menjadi ajang ngelucu, soalnya banyak sekali lelucon yg muncul di sini. Beberapa lelucon yg sempat aku perhatikan:
- ada bapak2 pengen donor darah dg metode berbeda. dia pengen bagian leher DIGOROK, jadi kaya lembu disembelih, hoakakaka...
10- ada satpam yg malah ngecengin petugas pengambil darah. kebetulan ada 1 petugas (ce) yg cakep (maksudnya dibanding yg lainnya). (lihat donor-10.jpg)
- ada bapak2 yg buka baju setelah tidur. yeeee...emangnya donor darah perlu buka baju?? dasar...hekekeke..
- ada yg pengen donor tapi darahnya diambil pake pipet, soalnya kalo pake jarum sakit, hoakakakaka..:))

Ampun dah, aku yg rada2 grogi sedikit terhibur, tapi masih tidak bisa mengurangi grogi yg aku alami. Maklum, ini DONOR DARAH PERTAMAKU, heheheh..:p

11""Dan akhirnya, aku dipanggil...jeng jeeennggg...
Aku lihat dan sempat abadikan peralatan yg digunakan untuk nyedot darah. Hmmm...cukup mengerikan, hihihih..
(lihat donor-11.jpg)

12So, apa yg akan dilakukan oleh para petugas donor saat hendak MENGHISAP darah gw?? (hihihi...) Pertama, dia akan memasang tensimeter ke lengan kiri gw (sengaja lengan kiri yg disedot, biar kalo tiba2 lemes gw masih bisa beraktifitas dg tangan kanan), lalu dia akan memompa alat tsb seraya TANGAN kita diminta TERKEPAL. Gunanya agar petugas donor bisa MELIHAT PEMBULUH DARAH. Jika sudah ketemu, dia akan menandai dg tangannya. (lihat donor-12.jpg)

13Nah, setelah itu, saat2 yg paling menegangkan....MASUKNYA JARUM TRANSFUS...!! Gw sempet gemeteran juga, jarumnya mayan 14gede bo' kalo diliat dari deket, hehehe...petugas akan menusukkan jarum tsb ke pembuluh darah yg telah dia tandai. Setelah masuk, ditunggu beberapa saat sebelum akhirnya terlihat darah mengalir melalui selang. (lihat donor-13.jpg - donor-14.jpg)

15Ternyata aliran darah gw tidak terlalu lancar, akibatnya petugas mengganjal jarum dg kapas, agar darah yg disedot lebih banyak lagi. (lihat donor-15.jpg)

Sialan, ternyata lama juga gw dihisap darahnya. Orang lain rata2 sekitar 15 menit, gw malah 30 menit. Kayanya darah yg disedot dari gw sekitar 3ember, jadinya lama, hehehe...ini sih boong banget:p

17181920Akhirnya setelah 30 menit, labu penyimpanan darah penuh juga. So, sekarang petugas hendak mencabut selang. Pertama-tama dia tahan dulu dg sebuah gunting tumpul. Ini bertujuan agar darah tidak disedot terus, alias distop proses penghisapan darahnya. Setelah itu dia menyiapkan 1 gunting tumpul lain utk 'mencegat aliran darah di lokasi lain. (lihat donor-17.jpg - donor-19.jpg) Setelah yakin tidak ada darah yg mengalir lagi, maka dia akan menggunting selang DIANTARA 2 gunting tumpul tadi. (lihat donor-20.jpg)

2122Selanjutnya darah yg berada di antara jarum dan gunting tumpul pertama ditadah di sebuah tabung. Katanya sih utk penyelidikan (kali ada faktor2 yg hendak dimanfaatkan oleh pihak PMI, misalnya faktor gantengnya 2351gw getooo ato ngejunknya gw...hehehe...). (lihat donor-21.jpg - donor-23.jpg) Hasil darah yg disedot disimpan di sebuah tempat penyumpanan yg dikenal dg istilah labu. (lihat donor-51.jpg)

2425Tak lama kemudian jarum akan dicabut dan petugas akan menempelkan kapas+alkohol ke bekas tempat tojosan jarum, dan akhirnya dipasangi tensoplast. (lihat donor-24.jpg - donor-25.jpg)

32Hmmm...saat gw bangun dari tempat tidur, alhamdulillah tidak merasa pusing, malah terasa segar. Setelah mengambil kartu tanda
donor (lihat donor-32.jpg) aku menuju ke meja konsumsi, dapat dus2an, heheh.. Isinya boleh juga. Ada kroket, ada lemper, ada roti keju dan ada lemper kelapa. (lihat donor-27.jpg - donor-29.jpg)272829





30Saat keluar dari auditorium, aku dipanggil petugas konsumsi lainnya. Lho, disuguhi tambahan...1 porsi mie rebus + 1 butir telur + 1 gelas susu coklat hangat. Hmmm...sedaaaappp :D (lihat donor-30.jpg)

31Ketika hendak Jum'atan, aku cabut tensoplastnya, dan ternyata lukanya sudah cukup kering...bekasnya tinggal titik berwarna merah. (lihat donor-31.jpg)

Ternyata donor darah asik juga yaaa...?? hehehe... Tapi ada ketentuannya, donor darah hanya boleh dilakukan tiap 3bulan/lebih. Jadi ga bisa sering2 makan gratisan yaaaa?? hiks...hiks...:p

3day afterSetelah 3 hari, wehk...bekas tusukan jarum membengkak...:( Ternyata gara2 aku dipijet...hiks...jadinya aneh dah tangan kiri gwww...:D