Bagi kaum lelaki, mungkin ada yg menjadikan ritual mencukur jenggot/kumis/cambang sebagai sesuatu yg istimewa. Tapi tidak buatku...bahkan sudah sebulan ini kumis+jenggotku tidak aku cukur. Walhasil karena tidak dirawat terlalu telaten, kumis+jenggotku agak2 berantakan. Ndak pa2lah, yg penting kesannya jadi macho, hekeke...*kabuuurrr...*

Sebenarnya ada tips untuk mencukur jenggot/kumis, terutama bagi mereka yg hormonnya berlebih sehingga dalam 1-2 hari mesti mencukur ulang. Cara paling gampang tinggal ambil pisau cukur, lalu sret...sret...sikat habis kumis/jenggot/cambang anda. Namun, tidak ada salahnya anda2 semua membaca tips berikut.

1. Siapkan AIR HANGAT, lalu usapkan ke bagian wajah, terutama ke seluruh bagian mulut dan dagu anda. Manfaatnya agar jenggot/kumis/cambang anda jadi lembut sehingga mudah dicukur, selain itu agar pori2nya terbuka. (perhatian, air hangatnya tidak usah banyak2 cukup 1 gayung. kalo air hangat 1 bak mandi, mendingan mandi sekalian, hihihih...)
2. Bersihkan KULIT MATI yg ada di sekitar mulut/dagu anda (atau wilayah pencukuran). Anda bisa lakukan saat mengusapkan air hangat ke wilayah2 pencukuran. Fungsinya sama dg poin 1, untuk melembutkan kulit sehingga mempermudah pencukuran.
3. Siapkan PISAU CUKUR yg tajam, jika bisa baru. Sudah banyak pisau cukur 'instan' dg kemampuan beragam, terutama ada yg mata pisau ganda. Jika perlu, gunakan mata pisau ganda, agar hasilnya lebih rapi jali. (sttt...bukan promosi G*lette lho, hehehe...)
4. Setelah mencukur, oleskan LOTION agar hasil cukuran tidak tampak kasar. (asal jangan pake lotion pemutih, itu mah ntar jadi feminin atuh, kecuali bencong yg pake, hehehe...)
5. ARAH mencukur tidaklah jadi masalah, yg penting anda mencukur dg baik serta tekniknya benar, insya ALLOH anda akan aman2 saja (tidak tergores). Anda bisa gunakan arah2 yg berbeda tiap kali mencukur, asal jangan menggunakan arah Kalibata - Tanah Abang, karena rute itu akan dihapus (lho?? hehehe...)

Well...demikian tips yg bisa aku berikan untuk anda2 yg hendak mencukur jenggot/kumis/cambang. Semoga berguna :)