Well...well...ini bukan menunjuk pada satu kelompok pendukung (sepakbola) tertentu, namun berlaku global. Namun, sebagai pemicu, yg benar2 parah, aku memang MENUDING Jakmania sebagai kelompok pendukung/supporter PERTAMA YANG MESTI DIBUBARKAN ... !!

Anda tidak setuju? Anda fans Persija? Siapa peduli?
Yg jelas, aku menuliskan ini, aku ulangi lagi, berlaku umum. Jika memang pendukung lain berlaku brutal, bubarkan saja...tidak perlu ada kostum2an, tidak perlu ada bendera2 dan atribut2 pendukung lainnya jika pada akhirnya keonaran yg menjadi ujung ceritanya.

Dua hari sudah berlalu sejak kerusuhan yg terjadi di pertandingan final Persija-Persipura, yg dimenangkan oleh Persipura. (Persija kalah? SOKOOOORRR....!! hahha...) Di akhir pertandingan, terjadi kerusuhan massal, bentrok Jakmania vs pendukung Persipura, Jakmania vs petugas keamanan. Semula aku pikir kerusuhan 'biasa', yg timbul karena kesebelasannya kalah. Namun, setelah aku melihat tayangan di beberapa stasiun televisi, aku SANGAT MENGUTUK perbuatan mereka.

Kenapa sampai mengutuk? Berikut beberapa alasannya:
1. Merusak fasilitas2 umum. Lampu2 taman, kursi di GBK, mencabuti pohon2. Ini jelas2 VANDALISME...dan AKU TIDAK TOLERAN DG VANDALISME SEPERTI INI..!! Hei..itu semua dibuat utk kenyamanan bersama bung, ngapain loe rusak2 kaya gitu? Emangnya loe bisa bayarin buat ganti rugi hah? Emangnya nenek moyang loe yg bikin? Emangnya bikin kaya gituan ga pake duit??
2. Menyerang petugas. Ini juga kurang ajar... Petugas yg bertujuan menertibkan, malah diserang. Jangan heran dan jangan protes jika kemudian akhirnya petugas juga bertindak keras. Petugas juga manusia...:p Jika ada korban jatuh di pihak supporter, baru pada ribut mengenai tindakan yg manusiawi. Huh...!! Makanya, gw setuju dg bang Yos, yg menyatakan supporter juga yg cari gara2. Sikat aza bang Yos...!! hehehe..
3. Merusak properti orang. Aksi bakar kendaraan, memukuli (+memenyokkan, sori bahasanya agak aneh...) barang2 orang lain, termasuk aksi VANDALISME yg gw tentang banget...!!
4. (Ini yg paling menyebalkan) Jatuhnya korban (terutama hingga meninggal). Seperti ekses dari kejadian kemarin, seorang anggota Jakmania meninggal dunia. Geezz...masya ALLOH, heran banget dah gw...kenapa yg main bola masih seger2 aza, eh, yg nonton malah mati?? Benar2 BARBAR PUOOOLLLL...!! :p Jika sudah begini, selalu aparat yg disalahkan. Padahal, coba lihat poin 2. Dari banyak kasus, petugas tidak akan 'bereaksi' jika penonton tidak 'beraksi'. So, JANGAN SALAHKAN PETUGAS...!! Mereka sekedar menuaikan kewajiban mereka...!!!

Padahal, jika menonton dg tenang, tertib, dijamin tiap pertandingan akan seru... Gw iri banged dah ama suporter2 bola di luar negeri. Beberapa emang ada yg bikin rusuh (hooligan), tapi secara keseluruhan, terutama utk pertandingan2 internasional, tidak pernah (atau gw ga tau ya?) ada kasus hingga supporter meninggal...doh...ampoun daaahh...:(

BUBARKAN JAKMANIA, BUBARKAN VIKING, BUBARKAN GRUP SUPPORTER LAIN JIKA MEREKA BERBUAT BRUTAL DAN MELAKUKAN VANDALISME...!!