Well...ini bukan merupakan hal baru...malah mungkin sudah basi banget...tapi tidak ada salahnya diterapkan...mayan juga, setidaknya aku collect info dari kiri kanan..:)

Tapi, setidaknya ada yg bisa kita lakukan, daripada cuman ngomong doank...betul ndak?

1. Matikan lampu dan alat listrik yg tidak diperlukan. Pemborosan listrik di sebuah rumah dapat mengakibatkan pencemaran CO2 lebih banyak dari yg dihasilkan oleh 2 buah mobil.
2. Hindari menyalakan alat2 rumah tangga seperti mesin cuci, mesin pengering, dan oven listrik pada jam beban puncak, 05-09&16-19.
3. Tutup semua tirai dan jendela pada malam hari karena dapat mengurangi pemboroan yang ditimbulkan dari pendingin ruangan.
4. Jangan menaruh lampu atau televisi di dekat pendingin ruangan, karena udara panas yg dihasilkan dari 2 benda tadi membuat pendingin udara bekerja lebih lama.
5. Gunakanlah kipas angin disamping pendingin udara agar penyebaran hawa dingin lebih efektif dan penggunaan energi untuk pendingin udara menjadi lebih berkurang.
6. Matikan lampu di seluruh ruangan yg tidak digunakan dan jika bisa mulailah untuk memasang pengatur waktu atau sensor untuk menghemat pemakaina listrik.
7. Memasang penutup jendela warna putih agar udara panas dapat terpantul keluar.
8. Tutup tirai jendela yg menghadap ke selatan dan barat pada siang hari.
9. Memasang awning pada jendela yg menghadap ke selatan dan barat.
10. Memasang pemantul sinar matahari atau kaca film pada jendela sebelah selatan.
11. Membeli kulkas yg mempunyai pengontrol kelembaban.
12. Jangan mengatur temperatur kulkas terlalu dingin.
13. Pastikan pintu kulkas Anda tertutup rapat.
14. Tutup rapat minuman dan makanan yg disimpan di dalam kulkas. Karena makanan dan minuman y tidk tertutup akan megeluarkan upa yg membuat kompresor bekerja lebih keras.