Sejak awal Agustus ini, sudah banyak bermunculan kembali tukang bendera, baik yg musiman ataupun memang menjadikan jual bendera sebagai penyambung kehidupan mereka yang utama. Musiman dalam artian sehari-hari mereka punya usaha lain untuk menyambung kehidupan mereka, sementara yg menjadikan berjualan bendera sebagai tujuan utama biasanya mereka menjual macam2 bendera dan dalam berbagai bangsa.

Kali ini, jelas, tujuan mereka berjualan adalah dalam rangka menyambut 17 agustusan. Jika di internet (dunia maya) ada berbagai cara untuk menyemarakkan 17 agustusan, namun yg paling terasa adalah digunakannya template blog ataupun situs dengan warna merah putih, sebagaimana yg dilakukan beberapa temanku, terutama Didats. Dia mengubah blognya bernuansa merah putih.

Oke...kembali ke topik semula.

Selama ini aku merayakan 17an di Bandung. Dan karena sudah hampir setahun aku di Jakarta, aku jadi sedikit tahu apa2 saja yg dilakukan warga Jakarta dalam menyambut 17an ini. Dari sekian banyak kegiatan yg dilakukan oleh warga Jakarta, aku terfokus pada penjualan bendera (back 2 topic like i said).

gerobak bendera'Keunikan' penjualan bendera di Jakarta, penjual tidak melulu menjajakan barang dagangannya di pinggir jalan (memasang bendara jualannya). Aku baru temukan penjual bendera yg menjajakan dagangannya dengan menggunakan gerobak. Yang dia jual tidak saja bendera, tapi juga tiang (bambu) serta aksesoris2 lainnya. Unik...(buatku lhooo...!!)

jual bendera konv di bdgjual bendera konv di jktTapi masih ada juga sih yg jualan dengan mode konvensional, menjajakan barang dagangannya di pinggir jalan. Di sini aku sempat abadikan yg di Bandung (kiri) dan di Jakarta (kanan).