Hari ini, minggu 14 Agustus 2005 dikenal sebagai hari Pramuka (Praja Muda Karana).

Ingatanku melayang kembali ke masa SD. Duh...senangnya jika hari Minggu tiba, itu berarti aku + adikku akan berseragam Pramuka. Dan sepanjang jalan menuju sekolah, orang2 akan memandang 'bingung' kepada kami, karena hari Minggu bukannya digunakan untuk main ke tempat2 rekreasi, malah ikut kegiatan (yg menurut mereka) tidak ada gunanya.

Aku malah masih ingat, ada teman seumuran selalu nyanyi "Pramuka Pramudi...Pramuka tara mandi" hahahaha...aku suka ngakak sendiri...hwadoh...dibilang jarang mandi, haoaoahaha..:))

Sekian tahun di SD, sekian tahun pula aku bergelut di Pramuka. Banyak masa senang, sedih, gembira, dst dst...pokoknya asyik..dan aku melihat Pramuka sebagai kegiatan yg bermanfaat.

Hanya saja, sejak aku masuk SMP, aku melihat Pramuka sebagai hal yg tidak menyenangkan. Pramuka dijadikan ajang senior mencari pacar (juniornya). Dan lebih parah lagi, saat aku ikut Pramuka di SMP, aku menjadi arogan karena memiliki kuasa terhadap junior. Doh, berbeda sekali dg masa SD yg selalu berkawan...di SMP aku merasakan sekali ada gap.

Akhirnya aku keluar dari Pramuka saat kelas 2 SMP, setelah sebelumnya (berusaha) aktif selama 2-3bulan.

Dan kini nasib Pramuka Indonesia juga tidak jelas. Banyak mass media yg mempertanyakan bagaimana kelanjutan Pramuka di masa depan? Hal lain yg mengganggu benakku adalah makin 'berkurangnya' peminat Pramuka di SD-ku dulu. Setidaknya, jarang aku lihat anak Pramuka beraktifitas di SD-ku.

Apakah Pramuka sudah tergantikan dengan kegiatan (tidak berguna?) lain, seperti ke mall, taman rekreasi, dst dst...digantikan pula dg Play Station, X Box, dst dst...??

Nampaknya bagi aku sendiri, mungkin anakku (kelak, ehehe..) mesti ikut Pramuka dg riang gembira, dan tidak melulu melakukan kegiatan di depan mesin gamenya...apalagi ngejunk gila2an kaya bapaknya ini, hahaha..:))