Hasil operan sebuah milis :D

1. Siapkan mental dengan baik untuk menertawai dan menghujat. Menghujat bukanlah hal yang sulit tapi bukan juga hal yang mudah.

2. Pilihlah hari yang baik untuk menghujat. Biasanya ketika mood Anda sedang jelek adalah hari terbaik untuk menghujat. Jangan khawatir pada hari itu Anda tidak menemukan sinetron untuk dihujat karena setiap saat selalu tersedia sinetron untuk dihujat.

3. Kalau perlu, kumpulkan sekutu sesama penghujat. Semakin banyak sekutu, Anda akan semakin punya bahan untuk ditulis.

4. Jauhkan pembantu, ibu-ibu dan nenek-nenek dari depan TV karena sebagian besar dari mereka pasti menghalangi upaya Anda untuk menghujat Sinetron.

5. Kuasai remote control. Bila kakak atau adik Anda terbengong-bengong melihat kelakuan Anda, bilang saja Anda melakukan ini demi kebaikan Indonesia. Bila perlu ajak mereka untuk bergabung. Buat perlombaan siapa yang paling banyak menemukan adegan aneh dalam sinetron.

6. Cari sinetron yang menarik untuk dihujat. Keyword: Punjabi.

7. Buka mata lebar-lebar pada setiap keanehan di sinetron.

8. Ciri-ciri keanehan sinetron: Ada adegan mata melotot berlama-lama, ada ibu peri, ada setan dan mengandung unsur sihir seperti cincin ajaib, manusia yang bisa mengkloning diri sendiri, dukun, dan lain-lain.

9. Siapkan ember. Anda mungkin membutuhkannya untuk menghadapi adegan yang membuat perut mual.

10. Bila mual dan ingin muntah, just hang on. Sebentar lagi Anda sampai final! Percayalah, Anda akan menemui kepuasan tersendiri setelah berhasil menghujat sinetron.

11. Jangan bawa benda keras (misalnya batu, botol kaca dll.) supaya tidak dilempar secara tidak sadar ke layar TV dan merusak TV anda.

12. kalo yang maen kayak Didi Riyadi, Marshanda.. dijamin puas deh bisa ngehujat...

13. Apapun temanya, jangan lupa bawa ensiklopedia untuk ngeliat berbagai penyimpangan istilah dan konteks... lumayan buat nambahin bahan celaan

14. Siapkan Pensil dan kertas untuk mencatat gaya, busana dan penampilan orang2x terutama anak2x sma di dalam sinetron, agar anda semua bisa bergaya dan bertingkah laku seperti mereka, dan siap2x dicela sama orang-orang.

15. Apabila mencapai klimaks, tendanglah tv anda sekuat mungkin, kemudian lemparlah ke tong sampah sambil berteriak. "Ga gaul bgt si lo!!!"

16. Juga siapin catetan buat ngebuat database para pemain yang paling sering kena hujatl. Jadi ntar bisa dibikin deh ajang kontes pemilihan: Pemeran Utama dgn Hujatan Terbanyak. Kalo perlu pake polling sms juga!

(pesan dari Fahmi side A: Menghujat tidak akan menyelesaikan masalah, hanya menambah dosa belaka. Hujatlah di dalam hati saja...atau tidak perlu menonton sinetron...TANAMKAN: (saat ini) AKU TIDAK CINTA SINETRON INDONESIA)