Hahaha...hari kamis akhirnya aku berhasil menang debat melawan clientku:D Norak? Who cares? :p Yang penting setelah 10 bulan kerja di bawah tekanan dan 'intimidasi' oleh client, hari ini aku berhasil menang debat.

Well..debat yg aku menangkan adalah mengenai jenis fee (biaya). Clientku ngotot minta tampilan pilihan fee berupa combo box, yg kami sediakan saat ini adalah radio button. Alasannya karena 3 jenis fee yang kami sediakan di radio button sudah mencukupi semua jenis fee. Clientku ngotot bahwa jika ada penambahan fee bagaimana mereka harus maintain?

Well, aku sempat baca beberapa info mengenai reksadana dan bossku, mr Hazy, juga sudah memberikan info bahwa jenis fee yang berlaku saat ini hanya 2 (itupun MAX). Maka, 3 jenis fee sudah overquote, karena sebenarnya dari 2 jenis itu bisa dikombinasikan. Dengan kata lain, 3 jenis fee berarti kombinasi yg ada sudah lebih banyak lagi dan NYARiS TIDAK MUNGKIN ada kombinasi lagi (yang baru), karena pada umumnya sudah ditangani jenis fee ke-3.

Dengan dasar itu, aku berani untuk TIDAK MEMAINTAIN jenis fee ke database. Karena apa? Qt hanya akan mengurus+menyimpan data sampah belaka, selain memang tidak ada penambahan baru, malah mungkin akan memberatkan database (meski kecil sih) karena mesti berulangkali diambil/ditarik datanya...:)

So, setelah debat sekitar 10 menit, akhirnya clientku nyerah, hahaha...alhamdulillah :)

Well, (mengutip kata2 Azil, kutipan ini free...!!) moral dari kejadian ini:
- MAKIN BUKA WAWASAN untuk mengetahui suatu proses bisnis yang berlaku umum. Karena biasanya client juga (sok) tahu minta ini itu, yg sebenarnya tidak ada gunanya di kemudian hari, selain hanya menyusahkan vendor :D
- Tidak perlu sering2 mengcounter setiap wacana client. Biarkan dulu dia 'senang' dg wacana yg dia lontarkan, sementara qt simpan dulu 'amunisi' yg tepat utk 'menembaknya'. Gunakan di saat yg tepat, niscaya client akan termenung ;-)