Mesin arkade (Indonesia dari arcade?) dikenal dengan nama mesin dingdong atau mesin video game, dst dst. Sebuah permainan yang sudah aku 'tekuni' sejak SD, lebih dari 20 tahun lalu dan hingga kini masih tidak bisa melepaskan diri, hanya bisa mengurangi :p

Aku masih ingat, mesin arcade yang pertama kali aku mainkan adalah SPACE INVADER. Bentuknya masih sederhana, berupa meja persegi panjang yang memiliki panel di bagian bawah meja. (hmmm..aku sedikit kesulitan menggambarkan bentuk mejanya, namun saat ini aku tidak bisa mendapatkan fotonya, so, sementara ini bayangkan dulu saja) Jadi begini...untuk lebih mudahnya, anda bayangkan sebuah meja administrasi yang saat ini digunakan di kantor2, yakni meja yang monitor komputernya disimpan di bawah, jadi saat mengetik kita hanya menunduk, tidak lagi mendongakkan kepala (ah, baru ingat, untuk contoh meja ini anda bisa datang ke gerai sebuah operator selular di BIP 2). Nah, panel2 untuk memainkan gamenya (joystick dan tombol) terpasang di bagian bawahnya (jika aku analogikan, posisinya serupa dengan laci tempat penyimpanan keyboard).

So, si pemain tinggal menunduk, tangannya bermain di bawah meja...seru sekali lho...!! (ntar aku hunting meja game arcade ini dah)

Nah, mesin arcade jaman sekarang canggih2..tidak berupa joystick dan tombol, tapi sudah dilengkapi dengan 'persenjataan' sesuai dengan tema arcadenya. Sebagai contoh, beberapa mesin game arcade baru yang aku temui di IP mempunyai bentuk seperti anda bisa lihat di foto. Aku hanya sempat memotret beberapa mesin arcade, karena mesin2 lain sedang penuh (sedang dimainkan).

arcade polisiYang unik dan MENGASYIKKAN adalah mesin arcade di samping ini. Di situ kita berperan sebagai seorang polisi (dengan seting di jepang) yang mesti menembaki yakuza2. Uniknya, jika mesin arcade lain hanya menyediakan pistol untuk menembak (seperti di Virtual Cop), atau sudah dilengkapi dengan pedal untuk reload peluru dan menghindar musuh (seperti di Time Crisis), maka di mesin arcade ini kita MESTI BERGERAK untuk menghindari tembakan musuh (sekaligus untuk reload peluru).

Sebagai contoh, jika ada yakuza dari kiri menembak, dan cara untuk menghindarnya adalah dengan menunduk, maka anda HARUSLAH menunduk. Jika tidak...dor...anda akan tertembak. Yang jelas, mesin arcade ini merupakan mesin arcade paling FUN yang pernah aku mainkan. Hanya saja, mesin arcade yang ada di IP ini TIDAK BISA MEMILIH karakter. Secara otomatis anda akan langsung menjadi seorang polis dengan peluru berisi 6, jadi mesti cukup jitu menembak:p Mesin yang serupa pernah ada di BIP, dengan kemampuan bisa memilih karakter, yakni polisi biasa (6 peluru), polwan (6 peluru), detektif (8 peluru) dan anggota tim khusus (12 peluru). Sayangnya mesin ini sudah tidak ada di BIP lagi, sementara mesin yang di IP terlalu ribet, jadinya aku malas lagi untuk memainkannya (selain karena sudah pernah tamat, dengan total 3koin, sekitar 3ribu, hehhehe..)

new arcadeMesin game arcade di IP sudah banyak mengalami perubahan...beberapa mesin arcade konvensional (mengandalkan joystick dan tombol) sudah digantikan dengan mesin2 arcade baru, yang cukup mengasyikkan, cuman minimal 2 koin, hehehe...:p

basketDaripada koin yang sudah aku beli nganggur, akhirnya aku main basket...dengan perolehan poin yang lumayan, 47, ahhahaha..:p