12/31/2005

Di LP Nusa kambangan tiga orang napi sedang ngobrol tentang mengapa mereka bertiga bisa masuk penjara.

Napi pertama, "Aku masuk penjara karena pada tahun 1990 aku menjelek - jelekkan Pak Harto... (Presiden waktu itu)"

Napi kedua, "Kalau aku pada tahun 2004 memuji-muji pak Harto hingga akhirnya aku masuk penjara ini"

"Kalau engkau?" seru mereka berdua pada napi ketiga...

Lalu Napi ketiga tersebut menjawab dengan ketus, "Akulah Suharto!"

Posted on Saturday, December 31, 2005 by M Fahmi Aulia

1 comment

Dapat dari milis tetangga...

Saya seorang pribumi yg dulunya benci setengah mampus sama WNI Keturunan Cina. Tetapi setelah hidup di Amerika selama 10 tahun dan sekarang bekerja di salah satu bank terbesar di dunia berpusat di New York City, pandangan saya berubah dan mengerti mengapa Cina itu berbeda dengan orang pribumi.

Dan sebenarnya banyak sekali hal-hal yg kita tidak mengerti tentang cina, dan hal-hal ini sebenarnya harus kita ketahui dan kita pikirkan lagi, karena hal-hal ini adalah sesuatu yg bisa kita pakai untuk kepentingan bangsa sendiri dan utk memajukan bangsa sendiri. Bukan saya bilang bahwa kita harus berubah jadi Cina, cuma kalau memang bagus mengapa tidak ? Dan memang ada juga hal-hal buruknya, tetapi semua bangsa juga punya.

Marilah saya mulai pendapat saya tentang perbandingan antara WNI asli dan keturunan cina :

1. Perbedaan2 nyata Setelah bekerja tiga tahun lebih dan punya teman dekat orang bule dan orang Cina dari Shanghai di tempat kerja saya, saya melihat banyak sekali perbedaan-bedaan, diantaranya :
A. DUIT
a) Si bule, kalo gajian langsung ke bar, minum-minum sampe mabuk, beli baju baru, beli hadiah macam-macam untuk istrinya. Dan sisanya 10% di simpan di bank. Langsung makan-makan di restoran mahal, apalagi baru gajian.

b) Si Cina, kalau gajian langsung disimpan di bank, kadang-kadang di invest lagi di bank, beli Saham, atau dibungain. Bajunya itu2 saja sampe butut. Saya pernah tanya sama dia, duitnya yg disimpen ke bank bisa sampe 75%-80% dari gaji.

c) Saya sendiri. kalo gajian biasanya boleh deh makan-makan sedikit, apalagi baru gajian, beli baju kalo ada yg on-sale (lagi di discount), beli barang-barang kebutuhan istri, sisanya kira2 tinggal 15-20% terus disimpen di bank.

*** Kebanyakan di Amerika, orang Cina yang kerja kantoran (sebenarnya Korea dan Jepang juga) muda-muda sudah bisa naik mobil bagus dan bisa mulai beli rumah mewah. walaupun orang tuanya bukan konglomerat dan bukan mafia di Chinatown. Malah mereka beli barang senangnya cash, bukan kredit. Soalnya mereka simpan duitnya benar-benar tidak bisa dikalahkan oleh bangsa lain. kalau bule atau orang hitam musti ngutang sampe tau baru bisa lunas beli rumah.

KERJAAN
a) si bule, abis kerja (biasanya jam kerja jam 8 pagi - 6 sore) hari Senen sampai hari Jumat (Sabtu dan minggu tidak kerja)) ke bar ato makan-makan ngabisin gaji. Kalau disuruh lembur tiba-tiba, biasanya kesel-kesel sendiri di kantor. Biasanya kalo hari Senen, si bule tampangnya kusut, soalnya masih lama sampe hari Sabtu, pikirannya weekend melulu. Kalo hari Kamis, si bule males kerja, pikirannya hari Jumat melulu. Terus jalan-jalan gosip kiri kanan.

b) si Cina, abis kerja langsung pulang ke rumah, masak sendiri, nggak pernah makan diluar (saya sering ngajak dia makan, cuma tidak pernah mau, mahal katanya, musti simpan duit, kecuali kalo ada hari-hari khusus). Kalau disuruh lembur tidak pernah menolak, malah sering menawarkan diri untuk kerja lembur. Kalau disuruh kerja hari sabtu atau hari minggu juga pasti mau. Kadang-kadang dia malah kerja part-time (bukan sebagai pegawai penuh) di perusahaan lain untuk menambah uangnya.

c) saya sendiri, kalau disuruh lembur, agak malas juga kadang-kadang karena sudah punya rencana keluar pergi makan sama teman-teman kantor. Kadang-kadang ingin sekali pulang ke rumah karena di kantor melulu, cuma mau nggak mau mesti kerja (jadi kesannya terpaksa, nggak seperti si cina yg rela). Weekend paling malas kalau musti kerja.

*** Bos-bos juga biasanya suka sama orang Cina kalau soal kerjaan. Mereka soalnya pekerja yg giat dan tidak pernah bilang "NO" sama boss. Dapat kerja juga gampang kalau mukanya cina, karena dipandang sebagai Good Worker". Atau pekerja giat. Jarang sekali, kecuali penting sekali dia tidak bersedia kerja lembur. Dan kalaupun tidak bersedia lembur, biasanya dia akan datang sabtu atau minggu, atau kerja lembur besoknya.

RUMAH
a) Apartment si bule, wah bagus sekali. gayanya kontemporari. Penuh dengan barang-barang perabotan dan furniture mahal. Pokoknya gajinya pasti abis ngurusin apartment dia.

b) Apartment si cina, wah... kacau. Cuma ranjang satu, dilantai saja. Meja butut, dan dua kursi butut. TV nya kecil sekali, TV kabel saja tidak punya. Pokoknya sederhana sekali. Waktu saya tanya, dia bilang bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian." daerahnya pun bukan didaerah mahal, tempatnya di daerah kumuh dan kurang ada yg mau tinggal.

c) Apartment saya sendiri, yah lumayan, cuma istri saya suka juga merias rumah. Jadi apartment saya lumayan lah tidak seperti punya si Cina. Saya benar-benar salut dia bisa hidup begitu. Padahal duitnya di bank banyak. Gaji dia saja lebih tinggi dari saya karena lebih lama di perusahaan tersebut.

*** Setelah 10 taun, biasanya si bule, orang item, masih tinggal di apartment atau baru ngutang beli rumah, si cina sudah bisa beli rumah sendiri. Karena nabung dengan giatnya, dan cuma beli yg penting-penting saja. Jadi uangnya ditabungkan sendiri.

*** Disini saja saya bisa lihat perbedaan-bedaan nyata, saya pertama-tama pikir, wah si Cina ini pelit amat. Masa duit banyak kayak begitu disimpan saja di bank. Dan kalau kita banding-bandingkan dengan sejarah orang-orang cina, kita akan tahu kenapa mereka (Cina) itu dalam long-range nya (jangka panjang nya) lebih maju dari pribumi di Indonesia, karena saya sempat bertukar pikiran dengan beberapa teman lagi orang Cina lainnya, orang India, orang Arab, orang Jerman, orang Amerika, dan orang Cina ini sendiri. Kita musti tau sejarahnya orang Cina ini.

2. Perbandingan antara sejarah kebudayaan cina dan Indonesia JAMAN DULU Bangsa cina adalah bangsa yg bangga dengan bangsanya, karena kebudayaan cina adalah salah satu kebudayaan yg tertua di dunia, hampir setahap dengan Mesopotamia dan Mesir. Karena itu kebudayaan cina itu benar-benar menempel di sanubari nya. Susah sekali untuk melepaskan kebudayaan tersebut karena memang betul kebudayaan mereka itu hebat, terus terang, kalau kita bandingankan dengan kebudayaan kita (pribumi Indonesia) kita tidak bisa mengalahkan kebudayaan orang cina. Dan memang kebudayaan mereka sudah diakui dunia.

Menurut salah satu Journal of Archeology terkemuka di dunia, orang Melayu itu unsurnya lebih banyak mengarah ke bangsa Mongol atau Cina. Jadi bangsa Indonesia itu sebenarnya Cina, walaupun secara biologis dan evolusis, ada unsur-unsur dari India dan Arab di darah orang pribumi. Tetapi orang Indonesia (Melayu) itu sebenarnya genetik nya lebih dekat ke orang Cina.

Orang cina itu sudah dari dulu 4000 tahun hidupnya diawang kesusahan terus (maksudnya rakyat kecilnya). Negara cina dari jaman dulu, katanya, sudah perang terus, rakyat kecil disiksa olah pemerintahnya sendiri, dan pemerintahnya berganti-ganti terus. Orang cina bisa dibilang salah satu bangsa yang tahan banting. Sudah biasa menderita, dan makin menderita, biasanya orang kan makin nekad dan makin berani, jadi semua jalan ditempuh, namanya saja mau hidup, bagaimana. Ini juga terjadi di Indonesia.

Karena negaranya sendiri, Cina, banyak masalah, mereka imigrasi kemana-mana. Mereka ada dimana-mana, teman saya orang item dari Nigeria dan Ethiopia (afrika) bilang disana pun ada banyak orang cina. Dan herannya. Cina-cina di Afrika pun sukses dan bisa dibilang tidak miskin.

DI INDONESIA Di Indonesia sendiri, waktu saya masih tinggal diJakarta, saya bisa melihat perbedaan-perbedaannya, cuma waktu itu pikiran saya belum terbuka. Saya pernah buka punya teman orang cina di Senen buka toko kain. Di sebelahnya persis ada pak Haji yg juga buka toko kain. Setelah dua tahun, bisnis si cina makin maju, dan si pak Haji sebelah akhirnya bangkrut. Ternyata bukan karena si Cina main curang atau guna-guna si pak haji. Ternyata itu karena si cina, walaupun sudah untung, uangnya di simpan dan ditabung saja, untuk mengembangkan bisnisnya lagi. Dan dia dan istrinya makan telor ceplok saja Sedangkan si pak haji baru untung sedikit sudah makan besar di restoran karena gengsi sama keluarga nya.

Nah bukannya si pak haji ini salah ? Bukannya kita bisa lihat sendiri bahwa cina ini pikirannya lebih maju lebih melihat kedepan dan lebih tahan banting ? Saya kira ini adalah suatu hal yang bisa kita contoh dari si Cina ini. Mungkin kita tidak usah terlalu pelit seperti dia, tapi juga tidak usah gengsi-gengsian.

Saya sudah bertemu dengan banyak orang dari negara yg berbeda-beda dan satu hal yg benar-benar nyata adalah orang yg TIDAK MEMBUAT KEPUTUSAN BERDASARKAN GENGSI biasanya NEGARANYA MAJU.

Coba saja lihat orang Hong Kong, orang Jepang, orang Inggris, orang Amerika, orang Jerman dan orang Singapore, mereka sudah MAJU sekali pemikirannya. Tidak seperti orang Indonesia. Kalau YA yah sudah bilang YA, kalau TIDAK yah bilang TIDAK. Jadi tidak tidak ada yg tidak enak hati. Kalau sudah lama tidak enak hati akhirnya berantem.

Orang Indonesia sayangnya gengsinya tinggi sekali, tidak mau mengaku kalau memang salah atau harus merubah sesuatu yg jelek. Inilah kelemahannya.

Di mata Internasional bangsa Indonesia sudah terkenal sebagai NAZI Jerman versi Asia Tenggara. Waktu perang dunia ke II bangsa Jerman sedang miskin karena mereka kalah perang dunia ke I, supaya rakyat tidak marah, si Hitler yg cerdik sengaja menyalahkan orang Yahudi yg memang kaya dan menguasai ekonomi Jerman. Dan orang Yahudi akibatnya dibantai dan tidak diperlakukan sebagai warga negara sendiri. Padahal mereka juga sudah lama tinggal di Jerman dan sudah merasa sebagai bangsa sendiri, walaupun mereka masih memegang kebudayaan mereka yg tinggi, sama seperti cina di Indonesia.

Di Indonesia anehnya, pribumi benci dengan cina tetapi bukan dengan orang Belanda atau orang Jepang. Kalau dipikir-pikir, cina itu tidak salah apa-apa. Saya sebagai pribumi baru sadar akan hal itu.

Belanda menyiksa bangsa Indonesia dan menguras harta bumi kekayaan Indonesia selama 350 tahun dan setelah pergi meninggalkan penyakit yg paling bahaya dan mendarah daging, yaitu korupsi, yg sampai sekarang juga menimbulkan krisis ekonomi setelah 53 tahun merdeka rupanya penyakit ini bukannya makin terobati, tetapi makan menusuk dan menular ke seluruh badan dan mental bangsa Indonesia.

Bangsa Jepang, cuma menguasai 3.5 tahun, tapi menyiksa bangsa Indonesia lebih kejam dari bangsa lain. Karena kalah perang, bangsa jepang, yah mau tidak mau sekarang musti menguasai dunia secara ekonomi tidak bisa lagi main angkat senjata.

Anehnya kita sebagai pribumi malah benci dengan cina bukannya dengan Belanda atau jepang. Lucu sih. Semua bangsa lain (Korea, Cina, Burma, Vietnam, dan Afrika) benci dengan bekas penjajahnya bukan penduduk sesama yg telah hidup bertahun-tahun bersama-sama yaitu cina kalau di Indonesia.

Salah apa si cina-cina ini, tidak salah apa-apa. Kenapa mereka kelihatannya buas dalam bisnis, tamak, dan rakus ? kenapa ? Karena mereka selama tinggal di Indonesia selalu diperlakukan sebagai orang luar dan di anak-tirikan. Coba bayangkan kalau anda-anda jadi cina, pasti anda-anda juga mau melindungi diri sendiri, siapa yg mau nggak makan besok ? atau mati ? Yah, kalau begitu, mereka jadi cerdik, agak licik, mengambil kesempatan dalam kesempitan, jadinya berhasil memegang ekonomi indonesia. Tapi mereka juga bekerja keras, JAUH.....SANGAT JAUH LEBIH KERAS DARI KITA YG PRIBUMI. Bukan cuma di Indonesia saja. orang cina sepertinya ditaruh dimana saja pasti sukses dan bekerja keras.

Mereka (cina) tidak menyerah pada nasib, dan selalu INGIN MENJADI DUA KALI LIPATKAN TARAF HIDUPNYA, kita yg pribumi, biasanya puas dengan keberhasilan kita dan malas malasan karena merasa sudah diatas angin. Bagi cina2 ini tidak berlaku, mau setinggi apa juga, pasti bisa lebih tinggi lagi.

Kita saja yg bodoh, mau dengar omongan pemerintah yg brengsek dan mengkambing hitamkan cina. Karena mereka sendiri juga busuk tetapi takut ketahuan. Jadi mereka menggunakan cina sebagai tameng dan kambing hitamnya.

Gimana mau hidup sebagai negara yg maju coba ? Kalau tidak bersatu. Negara yg maju harus bisa hidup dengan tentram satu sama lain tidak perduli dengan warna kulit, agama, dan keturunan. Semuanya musti diakui sebagai satu bangsa.

Contohnya Amerika, mau cari orang dari mana saja ada. Cuma mereka bersatu, dan mereka sadar tiap orang punya kejelekan masing-masing. Cuma tidak digembar-gemborkan, tapi dibicarakan dan dirubah. Yg bagusnya diambil, dan dipakai bersama-sama untuk memajukan negara. Tidak segan-segan, atau gengsi, kalau gengsi-gengsi maka tidak akan maju. Harus open (terbuka) dan mau menerima kesalahan dan musti mau berubah.

Posted on Saturday, December 31, 2005 by M Fahmi Aulia

4 comments

Setelah dipikir, direnung, dan ditimbang...side A memutuskan sign out. Berikut langkah-langkah sign out:

























Thx 4 everything, everybody... :)

Posted on Saturday, December 31, 2005 by M Fahmi Aulia

2 comments

(resminya) Sudah 2x gw ngelembur di client, menyelesaikan urusan testing dan implementasi software yg selama ini selalu bermasalah. :( Gw sendiri bukannya ndak pengen selesai nih kerjaan, tapi yaa...banyak sekali faktor2 penyebab molornya kerjaan ini..yg gw coba utk minimize, tapi yaa..mungkin karena tidak maksimal, jadi masih agak2 ngadat seperti ini.

Hmmm...ternyata ada asiknya juga ngelembur di client. Dua lemburan gw ini, gw disuguhi makanan...sebagai 'imbal jasa' gw mau lembur. Buat banyak orang, hal ini bukan hal yg istimewa...tapi buat gw, ini istimewa banget...alasannya? Ah, want2know aza...:p

Pertama kali lembur, disuguhi burger. Wah, kebetulan sekaleee...waktu itu gw lagi pengen makan burger McD, tapi kok malah dapat suguhan burger juga. Pucuk dicinta, ulam tiba :) Tidak sampai 5 menit, burger sudah pindah alam :D

Sementara lembur yg terakhir, dapat mie rebus. Well.. sebenarnya gw lebih suka mie goreng, tapi lha wong namanya disuguhi, yaaa...'ndak boleh' protes lah :D :)) Ya sudah, dinikmati saja.

Hanya saja, gw ga mau sampai terjebak dg pemikiran:"ah, gw pengen disuguhi client, gw ngelembur ahhhh..." :p Syukurnya, sampai sekarang masih bisa melakukan pemikiran itu :) Mudah2an lembur berikutnya dikasih burger lagi...(lho? kok sudah mikir gitu??? xi xi xi...)

Posted on Saturday, December 31, 2005 by M Fahmi Aulia

No comments

Sudah hampir 2 bulan ini kok jadi membosankan?
- Ga terlalu pengen login + ngelongok (selain alasan bouncing, xi xi xi...)
- Ga terlalu pengen kumpul
- Ga ada thread yg bikin ketawa terpingkal-pingkal
- Ga ada yg pake 'sedikit' otak utk membaca (banyakan sekarang pake perasaan) + reply postingan gw, walo slogan "Replyu don't Read" mungkin masih diterapkan
- (makin) Ga jelas suatu thread dibuat dan direply (walo namanya junk...tapi belakangan ini kok jadi +++ ga jelas)
- Ga enak untuk nyepet+nyindir+nohok seseorang...gampang esmosiiiii...:p

Ya sudahlah...mungkin piling gw aza...mungkin juga bukan.

Posted on Saturday, December 31, 2005 by M Fahmi Aulia

2 comments

12/30/2005

Ini dari milis tetangga, untuk jaga-jaga aja...

Dear All,Ini benar-benar terjadi pada saya, dan calon korbannya adalah anak saya yang pertama, baru berumur 7 tahun, kelas 2 SD di daerah Pondok Kelapa Kalimalang. Hari kamis malam tanggal 8 Desember lalu sepulang kerja, Ibu mertua saya bilang bahwa sudah 1 minggu ini ada telpon yang ingin bicara dengan anak saya katanya teman sekolah anak saya(orang tersebut menggunakan anak2 kecil utk telp atau mungkin anak jalanan krn anak tsb suka berkata2 kotor, yang pembicaraan dibimbing oleh orang tersebut), tapi lama kelamaan diperhatikan telpon tersebut jadi semacam teror yang sehari diterima sebanyak 10 kali telpon via telpon umum.

Sempat beberapa kali diterima oleh anak saya, kami sekeluarga agak terganggu dengan telpon tersebut yang pada akhirnya saya coba tanyakan ke anak saya apa betul itu telpon dari teman sekolahnya, ternyata bukan, saya agak kaget karena memang anak saya tidak tahu no. telpon rumah neneknya (karena saya masih tinggal serumah dengan mertua).

Saya coba tanya anak saya mengenai pembicaraan dengan temannya ditelp, saya kaget sekali karena dari pembicaraannya orang tersebut membicarakan keadaan lingkungan anak saya, mereka menanyakan kondisi ekonomi keluarga dengan anak saya. Karena anak saya masih polos dia menjawab bahwa mama papanya bukan orang kaya dan anak saya juga bilang bahwa dia tidak punya rumah mewah, seperti yang diharapkan orang tersebut, orang tersebut agak kaget, tapi kayanya tidak menyerah..

Dia mengajak bertemu anak saya pada hari Jum'at tgl 9 Des 2005 (yang belum ditentukan lokasinya) tapi anak saya diminta untuk tidak memberitahu orang2 rumah. Orang tersebut janji akan mengajak anak saya keliling Jakarta. Untungnya anak saya ceritakan hal ini ke saya dan hari Jum'at kemarin saya coba laporkan ke sekolah anak saya untuk jadi perhatian pihak sekolah, dan saya coba laporkan ke Polsek Duren Sawit yang ternyata salah satu petugasnya bilang bahwa motifnya sama persis dengan laporan salah satu orang tua di daerah Pondok Kelapa yang sampai saat ini anak tersebut belum ditemukan dan tidak ada informasi mengenai tebusan, mungkin mereka tidak meminta tebusan takutnya anak tersebut dijual (karena anaknya cantik) atau mungkin dijadikan sapi perah mereka untuk mencari uang.

Karena kedua orang tua anak tersebut memang bukan dari keluarga mampu, biasa2 saja seperti saya, dan berita hilangnya anaktersebut sudah masuk berita Buser Siang di SCTV, 2 minggu yang lalu.Buat semua yang punya anak kecil, keponakan, sepupu ataupun cucu , hati2deh kalau ada telpon buat mereka..takutnya anak kita dihipnotis via telpon ...Bisa aja khan...

Terima kasih,

Irma Safitri N.

Posted on Friday, December 30, 2005 by M Fahmi Aulia

No comments

Berbekal rasa penasaran, gara2 tarif penarikan atm, Kamis lalu gw datang ke kantor BII di Thamrin, selain utk minta print buku tabungan, gw mo cross check berita itu. Selesai nge-print buku tabungan, gw dateng ke CS-nya. Tanya ttg tarif biaya penarikan ATM Alto.

Ternyataaaaaa....tarif itu utk PENARIKAN DI ATM BANK LAIN. Dg kata lain, kalo gw nabung di BII trus narik di ATM BII, GA KENA CHARGE (5000 atau 2500 itu). Tapi kalo di jaringan alto, katakan di ATM Danamon, baru kena charge.

Bwehhhh...ngasi pengumuman kok ga lengkap...mestinya ditambahkan: tarif tidak berlaku utk penarikan di atm yg dikeluarkan masing-masing bank.. :p

LEGAAA....bisa ngambil duit tanpa perlu repot2 mikir tarif penarikan lagi, xi xi xi...:p
(maap udah bikin repot...xi xi xi...kabuuurr...*

Posted on Friday, December 30, 2005 by M Fahmi Aulia

No comments

Ternyata pipa yg sempat membuat kaki gw sobek gara2 'nendang' ga sengaja (baca di sini), menelan korban lagi. Beberapa hari lalu, gw melihat ada seorang laki2 dikerubuti beberapa orang. Gw perhatikan dari seberang jalan, mereka menunjuk kaki laki2 tersebut. Hmmm...rupanya mengalami musibah yg sama. :(

Sorenya, gw lewat pipa 'terkutuk' itu...lalu liat kiri kanan, sapa tau ada sesuatu yg bisa dijadikan 'tanda' bahwa ada area berbahaya di situ. Tapi tidak ada batu (yg cukup besar), ataupun kaleng dan sejenisnya. Hmmm..mestinya sih lapor...tapi lapor ama sapa? Daerah perkantoran gitu, biasanya 'gada' yg terlalu peduli. :(

Posted on Friday, December 30, 2005 by M Fahmi Aulia

No comments

12/29/2005

Benar2 lagi fakir...
1. Fakir Bandwidth
2. Fakir Waktu
3. Fakir Pulsa

Akibatnya:
1. Tidak bisa baca id gmail
2. Ngeblog cuma 1-2 artikel (dan kadang out of date pula)
3. Kagak bisa bales sms kecuali ke sesama XL (makanya, pake yg PRO!!!)

*kembali kerja...hiks...hiks...*

Posted on Thursday, December 29, 2005 by M Fahmi Aulia

2 comments

Gw perhatikan, ada beberapa pekerjaan yg (menurut gw) membuat ybs 'TIDAK BISA' nyambi di bidang yg sama. Beberapa bidang pekerjaan tersebut:
1. Direktur. Ini jelas...mana ada direktur nyambi jadi direktur lain...untuk bidang yg sama lho. Kalo nyambinya jadi direktur perusahaan yg bidangnya berbeda...sudah banyak contohnya. Namun, gw belum pernah dengar Direktur Mikocok Microsoft, si Bill Gates jadi Direktur Oracle. :p

2. Sekretaris. Aktivitas sekretaris sangatlah padat...mungkin sama padatnya dg kesibukan bossnya. Jadi, 'tidak mungkin' pulang kantor perusahaan A, dia nyambi jadi sekretaris di perusahaan B. Yg sering terjadi, sekretaris nyambi jadi 'piaraan' boss2 :p

3. Customer Service. Pekerjaan ini mungkin nyaris sama dg no 2. Contoh paling ekstrim, belum pernah gw temui ada CS Telkomsel nyambi jadi CS Pro XL. :D

4. Teller. Dg alasan yg sama dg poin 2 dan 3.

5. Network Engineer. Selain alasan yg nyaris sama dg poin2 terdahulu...alasan lainnya adalah waktu kerja yg 'TIDAK MEMUNGKINKAN' seorang NE utk nyambi. Waktu kerja NE ~ 24 jam utk mengurusi network yg menjadi tanggung jawabnya. Kecuali dia bisa kerja remote...namun, dari cerita temen gw yg kerja sbg NE, nyaris mustahil dia nyambi.

6. Field Engineer. Pekerjaan ini biasanya selalu berada di lapangan. Jadi, jelas2 MUSTAHIL dia bisa nyambi...jadi FE Halliburton sekaligus FE Schlumberger. :D :))

Sementara ini, baru pekerjaan2 itu yg bisa tuliskan (+ beri alasannya). Mungkin ada yg bisa menambahkan?? :)

Oya...utk nyambi di bidang yg tidak sama ga gw bahas...karena pada dasarnya nyambi bisa dilakukan utk (hampir) semua bidang (kecuali yg dah gw tulis di atas). :)

Posted on Thursday, December 29, 2005 by M Fahmi Aulia

No comments

12/27/2005

Sekitar 10-12 hari lalu, gw terima 3 sms berisi ajakan ketemuan. Utk sms yg ngajak ketemu jam 6.30, maksud dia ketemu jam 6.30 sore...bukan pagi. :p

Hmmm...buat gw, oke2 saja utk ketemuan dg seseorang...baik temen ataupun client. Apalagi sudah ditetapkan jamnya...enak banget...terutama jika KETEMUANNYA DI HARI KERJA, gw bisa 'berhitung' ulang antara load kerja dg waktu utk siap2 ketemu.

Namun, lain ceritanya jika JAM KETEMUNYA TIDAK SESUAI DG AJAKAN YG GW TERIMA...!!! Di 2 sms itu tertulis masing2 jam 19.30 (setengah 8 malam) dan 6.30 (sore). Kenyataannya...saat gw menghadiri salah satu 'undangan' tsb dan GW SUDAH TIBA 1.5 JAM LEBIH AWAL DI TEMPAT YG DIJANJIKAN, TERNYATA MEREKA (TERUTAMA YG NGSMS) BELUM HADIR...!!! Bah...bah...dan bah...!!! >:(

Pren...kelean semua ga tau, gw ninggalin kerjaan gw bela2in datang TEPAT WAKTU seperti yg kelean tulis di sms yg kelean kirim ke gw. Proses yg mestinya gw cek dan gw audit hasilnya, gw tinggalin karena gw ga pengen kelean nunggu lama. Ternyata...hingga 1.5jam gw nunggu, kelean reply dg sms yg 'garing'..."Gw belum sampai..." Itu saja...!!!

Hal ini bikin gw mangkel banget...karena ternyata sudah mah kelean telat datang, ternyata esok harinya hasil kerjaan gw tidak seperti yg gw harepin...masih banyak bolong sana sini. :( Itu yg bikin gw males utk datang di 2undangan berikutnya. Selain memang ada kerja yg mesti gw 'gawangi'...gw jadi tau "HOW NGARET YOU ARE..." :p

Oke...mungkin...MUNGKIN gw pernah ngaret utk ketemuan dg kelean...tapi rasa2nya ga separah itu (selama itu bikin kelean nunggu)...dan (ini INTINYA) seinget gw BUKAN DI HARI KERJA (DI HARI LIBUR), jadi ga akan ada masalah dg kerjaan kelean pade. :p

Pren...kalo kelean janji ketemuan ama gw jam 19.30, itu artinya kelean mesti BERANGKAT SEBELUM JAM 19.30 dan TIBA jam 19.30, BUKAN BERANGKAT JAM 19.30 dan TIBA 1.5JAM KEMUDIAN...!!!

Sori, gw jadi (makin) ketat+cerewet utk urusan waktu...karena belakangan ini gw makin tau 'mahalnya' waktu yg gw punya. Well..buat kelean mungkin ndak masalah...gw ga akan ikut campur. Tapi kalo kelean deal ketemuan ama gw, lebih baik watch your watch...!!! BATALKAN saja jika kelean pikir kelean telat lebih dari 30 menit...itu akan gw lebih hargai. :)

Gw akan hargai kelean jika kelean merhatiin hal ini...thanks banget dah mau baca. :)

ps1: beribu maaf utk teman2 gw yg sudah datang dari jauh namun ga bisa ketemu gw. Mudah2an x lain qt bisa ketemu dg pemikiran yg sama tentang waktu. :)

ps2: hal ini tidak berlaku jika janjian hendak nonton...!! :p :D :))

Posted on Tuesday, December 27, 2005 by M Fahmi Aulia

1 comment

Gw pernah tulis artikel tentang dioper (saat naik kendaraan umum). Beberapa hari terakhir ini, gw ngalami lagi hal itu...2 kali di malam hari (sekali dioper, sekali 'terima' operan) saat pulang dg P62 dari kantor tebet...1 kali di PAGI HARI dioper ke P20 lainnya, dg kasus yg paling 'menyebalkan', soalnya P20 yg gw naiki LEBIH PENUH dari yg nerima operan...dasar sopir + kondektur makan bayaran buta...!! :p *pgn injek2 dan tendang dah...*

Ada yg kasus yg 'mengerikan' terjadi saat kasus dioper di P62.

Kalo ndak salah, ada 6-7 penumpang yg dioper (termasuk gw). Nah, P62 yg gw naiki ternyata kursinya masih banyak yg kosong...tapi masih lebih penuh daripada P62 sebelumnya. So, gw duduk di urutan ke 2 atau 3 dari depan. Gw sempat ngeliat kondekturnya rada2 sangar...dg tato di kanan kiri + wajahnya yg rada sangar.

Nah, dari 6-7 penumpang itu, ada mbak2 yg ga mau duduk, padahal kursi kosong masih banyak. Dia malah berdiri di dekat pintu...akibatnya dia 'terombang ambing' saat P62 melaju kencang (+rada2 ugal2an...maklum, dah malem...). Melihat hal ini, kondekturnya (dg baik hatinya) menyarankan si mbak2 utk duduk...selain agar tidak dikira sudah penuh, ini demi keselamatannya sendiri. 'Salahnya' si kondektur ini...dia berkata seraya 'ngencring2in' uang logam di tangannya...berkesan nagih ongkos. Tindakan ini membuat si mbak2 naik pitam.

Lalu terjadilah 'adu otot'. Well, dialognya gw ga apal persis, tapi yaa...68% kaya gini laahh...:p
M: "Hei..gw dah bayar...ngapain loe tagih lagi??"
K: "Sori deh...tapi tolong situ duduk...biar gada kejadian apa2 (mungkin maksudnya si mbak2 itu ga jatuh)."
M: "Ga..gw bediri aja...lagian deket kok...!!"

Kondekturnya ngalah..dia pergi, nagihin penumpang lain yg baru naik.

Tunggu punya tunggu...dekatnya si mbak ternyata ga sedekat yg diperkirakan sopir+kondekturnya. Giliran sopir yg minta si mbak utk duduk...dan si mbak masih ngeyel utk tetap berdiri. Gw ga inget persisnya, tapi tau2 si mbak mbentak kondekturnya...

M: "Ape loe liat2...??"
K: (masih sopan) "Ga..gw cuma mo ngasih tau, mendingan situ duduk aja..."
M: "Ape urusan elo...mau duduk mo bediri...gw2 ini.."
K: (mulai mangkel) "Yaaaa...dibilangin baek2 kok malah marah...(dan ini salahnya si kondektur, ngomong kaya gini) Udah ga bayar, ngeyel...ntar kalo kejadian, kite2 yg disalahin."

M: (makin marah) "He...gw dah bayar ke kondektur yg tadi ye...lagian loe pikir gw ce ga berani ngelawan elo hah?"

Kondekturnya jelas jadi marah...maksud dia + sopir baik, malah si mbak buka front pertempuran. Terjadi adu cekcok di P62...gila...pokoknya seru banget...sopirnya sampe minta kondekturnya minta maaf ama si mbak...tapi ga digubris ama kondekturnya, karena dia merasa sudah ngingetin baik2. Si mbak juga ga mau kalah...ngotot terussssszzz...

Gw ga tau gimana kelanjutannya, soalnya pas di kalibata gw turun...ninggalin perseteruan yg masih berlangsung di P62. Sambil nyebrang jalan...gw mikir, pantesan pembunuhan gampang terjadi di Jakarta. Orang yg sudah baik2 memberi saran, malah dimaki2. Kalo yg dimaki2 jadi kalap + bawa senjata tajam (atau cari senjata), alamat akan terjadi pertumpahan darah. :(

Phew...Jakarta Jakarta...:(

Posted on Tuesday, December 27, 2005 by M Fahmi Aulia

No comments

12/23/2005

(lebih) Sepuluh hari kita baca berita kelaparan melanda Irian Jaya, tepatnya di daerah Yahukimo. Pemerintah, di bawah instruksi SBY, melalui Aburizal Bakri selaku Menko Kesra (yg baru) segera memberikan bantuan kepada masyarakat yg mengalami krisis pangan tersebut. Sempat muncul bantahan dari Menko Kesra bahwa sebenarnya tidak terjadi bencana kelaparan...bla bla bla...namun bukan itu yg hendak gw bahas.

Yg menjadi perhatian gw adalah metode pemberian bantuan yg (menurut gw) salah. Dari berbagai berita yg gw baca, mayoritas (semuanya?) masyarakat Yahukimo mengonsumsi umbi2an dan jenis makanan pokok yg 'mudah diperoleh' serta 'mudah diolah'. Namun, dari berita pula, gw baca bahwa pemerintah dan masyarakat menyumbang mie instan, beras, yg jika dikaitkan dengan kultur masyarakat Yahukimo maka bantuan2 tersebut 'SALAH METODE'. Bagaimana tidak salah metode, makanan pokok mereka adalah umbi...yg gw baca di berita, pemerintah 'memaksakan' membantu dg memberi beras.

Umbi2an, sebagaimana gw tulis, mudah untuk didapat dan dikonsumsi. Cabut dari ladang/kebun, nyalakan api, lalu masak umbi2an tersebut, setelah ditunggu beberapa saat maka siap disantap. Sementara beras?? Cuci berasnya terlebih dahulu (padahal jika gw lihat di berita, peluang mendapatkan air cukup sulit), nyalakan api, tanak dulu (yg bisa jadi waktunya lebih lama dibandingkan mengolah umbi2an), baru bisa dimakan. Belum lagi dibutuhkan peralatan memasak beras menjadi nasi (JANGAN PERNAH BERPIKIR UTK MENYEDIAKAN RICE COOKER SEBAGAI SOLUSI...!!). Terlebih lagi utk memasak mi instan...lebih lama, lebih repot...dan porsinya lebih kecil (terutama belum tentu cocok dengan perut mereka).

So, pak menteri, anda mestinya bisa lebih bijak dalam memberikan bantuan...kajilah kondisi masyarakatnya...!! Metode yg anda berikan sekarang sama halnya dg memberikan 1kg emas kepada orang (yg tidak bisa berenang) terapung2 di laut dan hendak tenggelam. Emas sebanyak itu memang bisa 'berubah' menjadi 100 pelampung, tapi REPOT. Lebih baik, berikan bantuan (darurat) yg sesuai dg kebutuhan mereka, seraya dipikirkan bantuan lebih lanjut. :)

(dari yg ga pernah habis pikir, di saat orang lain mengubah pola makan, agar tidak terlalu bergantung pada beras...ada yg membantu orang, yg makanan pokoknya umbi2an, dg beras)

Posted on Friday, December 23, 2005 by M Fahmi Aulia

1 comment

(Tulisan ini dibuat beberapa waktu lalu untuk melanjutkan tulisan gw ttg NYAMBI. Jadi, semacam tulisan bersambung... Selamat menikmati)

Terkait dengan artikel nyambi yg gw tulis beberapa waktu lalu, serta membaca komentar dari Bi[G], membuat gw menyusun + mengedit ulang artikel ini...untuk menambahkan beberapa hal terkait dg nyambi tersebut.

Memang ada hal2 yg 'melenceng' terkait dengan beberapa poin dari artikel nyambi tersebut, yg terutama disorot Bi[G] adalah poin 1. Di sana Bi[G] menuliskan bahwa jika programmer nyambi di perusahaan saingan tempat dia bekerja, maka dia tidak profesional. Hmmm...mungkin benar juga yg dikatakan Bi[G]...mungkin juga tidak.

Gw cuma pengen meninjau (lebih mendalam) tentang komentar Bi[G] tersebut, gw titik beratkan programmer/staf IT. Mana yg salah atau yg benar...gw serahkan pada kelean, para pembaca, semua :)

(mungkin) Benar, apabila ternyata si programmer 'MENCAMPUR ADUKKAN' software yg dia buat antara tempat kerja tetap dan tempat nyambinya. Jadi, fitur di perusahaan A dia pasang di perusahaan B, demikian pula sebaliknya. Ini jelas MERUGIKAN kedua (atau lebih) perusahaan yg mempekerjakan dia...dan ujung2nya akan menjatuhkan nama baik si programmer itu sendiri. Dg kata lain, utk programmer akan sering terjadi BIAS, apalagi Bi[G] bilang jika bekerja di perusahaan saingan, bias akan semakin besar.

(mungkin) Salah jika programmer tersebut mampu utk bekerja sesuai dg kontrak. Biasanya dalam kontrak ada pasal kerahasiaan pekerjaan. Jika ini bisa dilakukan, maka acungan jempol pantas diberikan kepada programmer tersebut. Namun seperti gw (+Bi[G]) bilang hal tersebut sulit karena adanya bias. Poin lain, apabila programmer tersebut pada dasarnya programmer FREE LANCE. Sudah menjadi hukum ekonomi, makin besar bayaran yg dikeluarkan sebuah perusahaan utk menggaji seseorang, maka kualitas (yg diharapkan) utk didapatkan oleh perusahaan tsb makin besar. Dan ini yg biasanya terjadi. Utk perusahaan yg berani membayar lebih besar, programer tsb akan memberikan hasil yg lebih oke. :p

Solusinya? Gw sih mengusulkan jalan tengah:
1. Tidak nyambi di perusahaan saingan.
2. Jika nyambi di perusahaan saingan, sebaiknya mengambil pekerjaan yg scopenya tidak sama dg perusahaan tempat bekerja.
3. Jadilah programmer yg free lance. Pasang tarif (tinggi) utk (hasil) kerja yg lebih baik. Namun seperti gw tulis di artikel nyambi, harap diperhatikan skill+jam terbang+network sebelum meyakinkan diri menjadi programmer free lance...karena bisa jadi bulan ini kerjaan banyak, tapi bulan depan ga bisa makan saking ga ada ordernya.. :p

Posted on Friday, December 23, 2005 by M Fahmi Aulia

1 comment

12/21/2005

Nyambi adalah nama lain dari kerja tambahan...ada juga yg menggunakan istilah ngorder, side job, dst dst. Well..apapun istilahnya, maknanya sama, bekerja di luar kantor resmi untuk mendapatkan penghasilan (tambahan). Penghasilan tambahan dibutuhkan untuk banyak hal, mulai dari memenuhi kebutuhan rumah tangga, membayar cicilan rumah, menabung untuk biaya S2, biaya nikah, bahkan juga ada yg berencana untuk membeli honda Jazz. *wink...wink...*

Banyak orang mengidentikkan nyambi ini dengan pegawai negeri. Hmmm...anggapan ini tidak sepenuhnya salah, jika kita melihat dan membaca nasib (hampir semua) PNS yg gajinya tidak memadai untuk mencukupi kehidupannya selama sebulan. Namun, jangan lupa, banyak juga orang swasta yg kerja nyambi...dg tujuan2 yg gw sebutin di atas.

Gw sendiri sebenarnya bukan termasuk orang yg 'doyan' nyambi...gw lebih suka fokus pada 1 kerjaan dan menyelesaikan sesegera mungkin. Namun, ternyata PELUANG KERJA TAMBAHAN DI JAKARTA SANGATLAH BANYAK, selama NETWORKING kita cukup oke. :p Akibatnya, 3 bulan setelah gw pindah ke Jakarta, mulailah gw 'belajar' nyambi.

Kenapa gw sebut 'belajar'?? Well..karena gw belum pernah nyambi sebelumnya, jadi seraya menjalani, gw mempelajari banyak hal yg mudah2an bisa gw ambil manfaatnya. Ternyata memang BANYAK SEKALI orang (di Jakarta) yg kerjanya dobel, bahkan triple (gw sendiri pernah coba nyambi di 2 tempat, jadi megang 3kerjaan sekaligus...tapi ga kuat euy...jadi gw lepas 1 dah), nyambi sana nyambi sini. Bahkan temen2 gw sendiri banyak yg menjalani kerja dobel. Salah satunya berhasil punya rumah di daerah Cengkareng (halo Mid...hehehe...)

Asam garam nyambi dah gw rasain...mulai dari yg emang kerjanya 'asik', sampe yg dibayar 3M (makasih..makasih..makasih..), heheh.. :p Untuk yg dibayar 3M ini, gw bener2 bete abissss...soalnya ternyata (di ujung kontrak) gw ternyata dijadikan bemper ama temen gw yg nge-hire gw...padahal alasan gw mau nyambi di tempatnya adalah utk nolongin dia, bantuin dia. Tapi, ternyata kaya gini balasannya...yaaa sudahlah, gw ambil hikmahnya aza...GA USAH BANTU MACEM2 LAGI KE DIA...hehehe..:p

Jika dihitung2 dari man/hour atau man/day, nyambi lebih menguntungkan, karena bisa jadi kerja lebih santai namun penghasilan yg didapat lebih besar dibandingkan jika kita ngantor biasa. Bahkan, gw sempet baca berita, ada orang yg hasil nyambi bisa 5-6x lebih besar dari gaji kantornya...so, dia keluar dari tempat kerjanya, dan menjalani (dg serius) kerja nyambinya ini. (duh, gw lupa siapa dan di mana gw baca artikel itu...sorry).

Hmmm...setelah sekian lama gw nyambi, gw melihat ada beberapa hal (tips) yg mungkin berguna berkaitan dg nyambi ini:
1. Nyambi-lah di bidang yg sejenis.
Maksudnya, jika nyambi hendaklah kerja di bidang yg sama. Misalnya programmer yaaa..nyambinya sebagai programer, jangan nyambi jadi pelayan restoran saji cepat (fast food). Manfaatnya...bidang yg disambi sudah dikuasai, jadi tidak perlu banyak adaptasi. Selain itu, dg kerja di bidang yg sama, jam terbang lebih banyak, sehingga skill lebih oke.

2. Kerjakan di luar jam kantor.
Well...gw sempat ngalami nyambi yg jamnya bentrok dg jam kantor. Doh...ga enak banget...meski untuk urusan absensi, kantor gw ga terlalu rese...cuman, yaaa...etika bung. :p So, usahakan nyambinya di luar jam kantor...biar semua senang, tidak ada yg dirugikan.

3. Periksa skillmu dan scope kerjaan.
(sedikit berkaitan dg no 1) Ini berguna untuk kecepatan menyelesaikan pekerjaan. Skill oke dan scope kerjaan yg sudah disepakati akan mempermudah dan mempercepat penyelesaian pekerjaan. Skill kurang oke namun scope memenuhi bisa diatasi dg banyak belajar. Paling parah skill tidak oke, sementara scope melebar kmana2...dijamin jadi proyek ORACLE (ORA CLEAR-CLEAR, ndak selesai2 maksudnya, xi xi xi...)

4. Nilai jual.
Dg melihat skill yg loe punya, sudah waktunya loe mengukur berapa duit yg 'layak' loe terima. Ingat, jam terbang makin tinggi ~ skill makin oke = duit yg bisa didapat makin tinggi. Yg jelas, loe mesti ngukur dg 'wajar' antara skill dan nilai jual. Jangan kaya anak itebe, kadang2 skill kagak punya, masih pres greduet, tapi minta gaji sampe 5juta...emangnya company nenek moyangnya apa?? hehehe...:p

5. Perhatikan waktu yg loe punya.
Well..banyak orang yg nyambi tanpa ngecek waktu yg dia punya. Akibatnya, dia terlalu fokus dg nyambinya dan tidak sempat beristirahat ataupun memanfaatkan waktu luang yg sebelumnya dia miliki. Well...ini JANGAN SAMPAI TERJADI. Nyambi boleh, tapi jalan2 atau baca komik atau nonton anime(pengalaman gw sih, kalo dah nyambi susah ngejunk lagi...xi xi xi...paling banter ngeblog lah) mesti dilakukan juga, biar loe ga stres.

6. Jaga kesehatan.
Nyaris sama dg poin 5, banyak orang nyambi tapi melupakan gizi yg masuk. Akibatnya, saat nyambi dia malah jatuh sakit. Efeknya jelas..kerjaan ga kelar (nyambi+kantor), duit ga dapat (malah mesti keluar duit buat ongkos pengobatan). So, hati2 oke?

7. Cek kontrak.
Terakhir, loe cek kontrak yg loe akan tanda tangani. Jika perlu, bawa pulang draft kontrak agar loe bisa pelajari dan telaah tiap point yg tertulis di sana. Jika ada yg ndak berkenan, ndak usah takut untuk minta revisi.

Well...mudah2an tips ini bisa berguna...so, kalo emang loe2 pade punya temen yg ngajakin loe nyambi, dan loe pikir its oke...silakan baca lagi tips gw...jika memang dirasa loe bisa memenuhi, kenapa tidak nyambi mulai besok?? ;)

MET NYAMBI...DAN SEMOGA BISA DAPAT DUIT BANYAK YAAAA...?? :D

Posted on Wednesday, December 21, 2005 by M Fahmi Aulia

5 comments

12/18/2005

WHAT..PERKEDEL BANGET...!!! Begitu rutukku ketika melihat pengumuman yg dikeluarkan oleh pihak BII, yg dipasang di ATM BII di Ambassador lt 2. Wah...ngambil duit sendiri aza gw mesti mbayar...goceng pula. Kampret...!!! Ngeliat info saldo juga mbayar, padahal di atm BII sendiri juga.. Wah, ga beres dah kalo gini sih...!!¨

Kayanya kinerja BII emang sudah buruk kali ya?? Atau memang rencana penggabungan itu benar ya?? Ah, kayanya gw mesti tutup buku aza dah...masalah gaji gw, mendingan minta ditransfer ke Mandiri aza..:p

Posted on Sunday, December 18, 2005 by M Fahmi Aulia

3 comments

Well...artikel ini termasuk kategori basbangtodemax, tapi yaa...biarin dech...toh, keterlambatan pemasangan artikel ini gara2 gw fakir bandwidth..Jadi, tidak ada salahnya gw muat..toh di blog gw ini ga ada yg namanya berita basi..yg ada adalah berita telat dimuat :p

Beberapa hari lalu, gw baca seorang blogger (Herman Saksono) ditangkap+diperiksa polisi Yogya sehubungan dengan tuduhan penghinaan terhadap Presiden SBY, dg menempelkan foto2 hasil rekayasanya, yg salah satunya memasang muka sang presiden. Setelah gw ikuti ke asal muasal proses penangkapan, ternyata muncul nama yg tidak asing lagi...hi Roy!™ Ulahnya dimulai dg nyepam melalui sms. Singkat kata, tidak cuma Herman Saksono yg dibidik, tapi Priyadi (baca: 'musuh abadi' Roy) juga 'dilibatkan'. Hi Pri!™

Hmmm...sudah banyak blog + perbincangan di kampung gadjah (meski gw ga sempat baca semua, namanya juga fakir bandwidth) yg membahas ini. Yg mau gw sorot, kepolisian + media di Indonesia kok masih sempat2nya MELAYANI ORANG ISENG??? :p Nampaknya cuma koran Tempo yg tidak ikut2an trend sesaat ini (baca: banyak menampilkan berita ttg kasus ini).

Ah, sudahlah...gw sih ga mau ngurus orang iseng ini...cuma pengen ngingetin aza kalo orang iseng ini emang ISENG SEISENG-ISENGNYA. :D *jadi pengen nendang orang iseng ini, xi xi xi...*

Link2 yg terkait:
- Roy Suryo Watch
- Priyadi
- Herman Saksono

Posted on Sunday, December 18, 2005 by M Fahmi Aulia

No comments

Temen gw yg kerja di pertamina ngirim email yg memberitahukan bahwa sejak 10 Desember 2005 lalu, Pertamina (secara tidak resmi?) mengganti logonya. Hmmm..ternyata gw juga baru 'ngeh' setelah membaca (ulang) koran. Biaya pembuatan logonya Rp 2,5 miliar. Beuu...mahal coy..:p Menurut pejabat Pertamina sih murah (murah pale loe...?? duit yg loe pake itu BUKAN duit nenek moyang loe, taoookkkk...!!). Padahal mestinya si pejabat itu ngitung juga, berapa biaya utk mengganti SEMUA logo yg ada saat ini di seluruh Indonesia (+dunia?).

Bweh...ternyata seperti dilansir oleh koran Tempo, 'tidak ada manfaatnya' (selain duitnya dikorup tentunya, hehehe...) penggantian logo ini, karena dari sisi kinerja tidak ada perbaikan, dari sisi prinsip tidak ada perubahan prinsip (prinsip pertamina kan, jika bisa mahal kenapa dibikin murah?? hehehe...), tidak ada perubahan hal2 signifikan lainnya (signifikan di sini silakan diterjemahkan sendiri, hehehe...), jadi EMANG TIDAK ADA MANFAATNYA...!!

AH, PERTAMINA PEKEDEL SIAH...!!! :D :))

Posted on Sunday, December 18, 2005 by M Fahmi Aulia

3 comments

Tiga hari lalu, gw berkesempatan ngobrol cukup lama dg client. Saat membahas PHK yg akan dilakukan bank Danamon, client gw berkata bahwa PHK dilakukan karena pihak Temasek, selaku pemilik bank Danamon dan BII, berniat untuk MENGGABUNGKAN kedua bank ini. Padahal gw baca bank Danamon juga menerima staf baru.

Hmmm...Budiyono termasuk orang yg di-phk ga yaa?? Soalnya gw (kayanya) dah jarang liat dia ngejunk lagi. Menurut Ela, Budi jadi rajin miting, mijetin yg penting2, xi xi xi.. :p

Wah, Danamon digabung dg BII?? Hmmm...kita tunggu saja dah, meski petinggi2 Danamon membantah rumour ini.

Posted on Sunday, December 18, 2005 by M Fahmi Aulia

2 comments

Wah..ternyata pemerintah memang fakir fasilitas angkutan nich. Gw perhatikan dan alami, fasilitas angkutan dari dan untuk ke Depok, sangatlah sulit didapat. Sebagai contoh, gw ambil sampel bis 48 (grogol - depok), 86 (depok - kota) dan 102 Fisika (depok - tanah abang). Penampakan mereka sangatlah jarang...pernah aku hitung, dalam 1 jam, hanya 2 bis yg muncul...itupun dg waktu yg tidak jelas juga:(

Padahal, jika memang pemerintah (terutama DKI Jakarta) ingin mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, mbok yaaa fasilitas angkutan ditambah dan dibenahi. Ke-3 bis di atas sih aku lihat sudah cukup oke layanannya...ada ac-nya, jadi tidak terlalu pengap dan kepanasan...keamanannya (sejauh ini) cukup oke juga...sopirnya tidak ugal2an seperti sopir metromini.

Salah satu bis yg cukup oke (bisa dijadikan contoh) adalah Trans Kemang (Jakarta - Bekasi). Gw pernah naek bis itu, dan waooowww...asik punya dah fasilitasnya. AC, kursi yg nyaman, pelayanan yg ramah, ada tv-nya pula (meski waktu itu gw bete banget, soalnya malah nyetel vcd karaoke...dg lagu2 yg menyebalkan...xi xi xi...).

Namun, yg menjadi kendala adalah penentuan tarifnya. Utk 3 bis ke depok, tarifnya Rp 4800. Namun trans Kemang (terakhir gw naik) Rp 7000. Berat juga yaa?? hehehe...

Kemarin gw sempet nyoba naek kereta dari Depok (UI) hingga ke Tebet. Hmmm...kondisinya SANGAT MEMPRIHATINKAN...kenyamanan nyaris tidak ada. Kaca2 jendela retak2 + pecah, kebersihan tidak jelas, (terlalu) banyak penghibur jalanan (mulai dari pengamen hingga doger monyet) belum lagi para pedagang. Bweehhh...:p Menurut temen gw, untuk keamanan, sebenarnya cukup oke...tapi gw ingat ada kasus anak UI meninggal karena dilempar dari kereta, membuat gw tidak yakin dg keamanan yg ada. Padahal jika dilihat dari harga tiket, yg 'CUMA' Rp 1500, mestinya yaa...pada mbayar geto looohhh...:p

Untuk kecepatan, dg kereta jauh lebih oke. Dari Depok hingga Tebet, gw tempuh dalam waktu 30 menit-an, jauh lebih cepat jika menggunakan sarana darat lainnya. Mestinya jika sarana kereta diperbaiki dan dibenahi, orang2 akan lebih memilih sarana ini dibandingkan mobil...MESTINYA LHOOO... :)

Jadi kesimpulannya...PERBANYAK + BENAHI FASILITAS ANGKUTAN, PLEASEEEE...!!! xi xi xi....

Posted on Sunday, December 18, 2005 by M Fahmi Aulia

3 comments

12/11/2005

Beberapa hari terakhir ini, di sekitar Mampang, gw lihat banyak polisi melakukan razia terhadap sepeda motor. Razia yang dilakukan tidak hanya memperingati pengendara motor, namun tilang juga diberikan kepada mereka (ehm...mudah2an duit tilangnya memang masuk kas negara;-)

Pengendara motor yg terkena razia adalah pengendara motor yg menggunakan (melaju di) jalur cepat. Well..memang keterlaluan juga sih para motorist ini..ulah mereka seringkali membuat macet jalur cepat. *injek2 motorist bandel*

Sedikit mengherankan, razia dilakukan di pagi hari...namun cukup banyak yg tertangkap + ditilang di tempat. :p Well..apapun, kapanpun, dan bagaimanapun, jika tujuannya untuk perbaikan, gw dukung pak polisi dech.. :)

Posted on Sunday, December 11, 2005 by M Fahmi Aulia

6 comments

Naik angkutan di Jakarta memang musti banyak2 dituntut kesabaran. Mulai dari tidak kebagian tempat duduk (sehingga sepanjang perjalanan harus berdiri...masih 'untung' jika jaraknya dekat..katakanlah dari Mampang ke jalan baru(daerah ambasador), namun bayangkan jika dari Kota-Depok mesti berdiri..gempor ga?? :p ), kemudian berdesak2an sepanjang perjalanan (kalo pagi masih mayan, masih rada2 wangi...kalo udah sore...bwehk..bau keringet di mana2, cing...), datangnya penghibur jalanan silih berganti...diselingi dengan para peminta sumbangan, lalu para pedagang yang menawarkan berbagai macam barang dg harga 'tidak masuk akal' (saking murahnya), ditambah lagi dg ugal2annya supir...belum lagi diperparah dengan komplotan copet(+rampok), membuat mental mesti siap saat memutuskan untuk mencegat dan menaiki kendaraan umum di Jakarta.

Well...hampir 1,5 tahun gw ngalami dan menjalani itu. Sejauh ini, gw masih bisa bersyukur jika mengalami semua hal di atas itu...setidaknya gw berpikir gw masih bisa cepet sampe rumah kost, selepas pulang kerja. Di samping itu, ada POINT LEBIH dari naek angkot...yakni GA PERLU CAPE MIKIR jalanan. Kalo macet, yaaa..cari kegiatan di dalam angkutan, baca koran atau (jika punya keberanian) kenalan ama ce, xi xi xi... :p Well...barangkali utk kenalan 'lebih baik' dilakukan di busway kali yaa?? Yaaa...lebih ok geto tempatnya... dibandingkan ngajak kenalan di mikrolet, xi xi xi.. :p

Gw juga sempat 'menikmati' ngotot2an bayar tarif ama kondekturnya. Gw kadang kesel, masa dari Karet ke Sabang gw mesti bayar 2000 juga, padahal kan deket...makanya kalo gw bayar cuma seceng, trus kondekturnya ngotot minta tambah, kadang gw 'ngajak ribut' dulu...tapi kalo P15-nya kosong sih, biasanya gw tambahin...kasian, soalnya ga dapat banyak penumpang. :p

Tapi dari sekian perlakuan yg gw terima saat gw naek angkutan, barangkali cuman 1 yg kadang gw masih GA TERIMA. Yakni kalo gw (+penumpang yg lain) DIOPER ke angkutan lain. Kurang ajar banget emang...bahkan terkadang terjadi pertengkaran antar kondektur karena 'kompensasi' yg diberikan dianggap tidak sesuai (gw pernah liat kondektur P62 ribut, soalnya dari 10 orang penumpang yg dioper, si kondektur cuma ngasih kompensasi 3rebu).

Jika sudah kejadian kaya gini, langsung dah para penumpang ngomel2...ada yg sempat marahi si sopir. Tapi dasar sopir gendenk, seringkali komplen dicuekin...*injek2 sopir+kondektur gendenk* Kejadian dioper yg 'paling parah' gw lihat 2-3 hari lalu. Seorang ibu2 dg bawaan cukup banyak, 'dipaksa' pindah ke metromini yg gw naiki. Duh...tega banget tuh sopir+kondekturnya...untung kondektur metromini yg 'diberi tanggung jawab' baik...dia menolong si ibu memindahkan+mengangkut barang bawaan si ibu ke metromini yg dia kondekturi. *acungkan 2 jempol utk kondektur baik hati ini...:) *

Parahnya, kejadian oper mengoper ini seringkali tidak mengenal waktu dan kondisi. Pagi hari, di saat orang sedang butuh waktu agar cepat sampai, ehhh..mendadak si sopir ngebut, mendahului metromini (bernomor sama) di depannya, lalu secara tiba2 meminggirkan metromini, dan berteriak ke kondekturnya utk mengekstradisi para penumpang. Setelah itu, dg cueknya, mereka memutar kendaraannya, balik kandang atau njemput penumpang lain di seberang jalan yg jumlahnya lebih banyak. Kasus pengoperan ini bisa 'DIMAKLUMI' jika pengoperan dilakukan oleh angkutan yg 'kosong' (jumlah penumpangnya sedikit) ke angkutan yg lebih ramai (penumpangnya lebih banyak). Namun pernah terjadi kasus yg tidak kalah 'menggelikan'...angkutan yg lebih penuh, mengoper ke angkutan yg lebih kosong. Sialnya, gw termasuk penumpang yg dioper itu...:p Langsung dah, gw berlomba-lomba mendapatkan tempat duduk, xi xi xi...DASAR SOPIR KAMPRIIINGGGG...xi xi xi...:D

Tapi, bagaimanapun, asyik lho naik angkutan di Jakarta, asal kita 'ignore' hal2 yg membuat kita jengkel...nikmati aza lah perjalanan, dijamin akan senang + asyik... :)

[catatan: hal ini berlaku untuk mikrolet dan metromini, serta bis2 damri. tidak berlaku untuk busway...hehehe...]

Posted on Sunday, December 11, 2005 by M Fahmi Aulia

No comments

Cihui...alhamdulillah, rupiah kian menguat euy.. :) Kurs terakhir, per artikel ini dibuat, US$ 1 = Rp 9830

Mudah2an bisa jadi 8000 ya?? xi xi xi...:p

Posted on Sunday, December 11, 2005 by M Fahmi Aulia

No comments

Seminggu ini benar2 menjadi minggu yg tidak tenang bagi menteri2 di kabinet yang dipimpin SBY. Berbagai rumor dan gosip2 mengenai pencopotan jabatan telah membuat mereka ketar ketir, apakah mereka termasuk yang dipertahankan atau dicopot/digantikan oleh SBY.

Hasilnya sudah kita ketahui bersama...beberapa menteri dicopot dan digantikan dari pos-nya, dengan dalih utama untuk meningkatkan kinerja kabinet, padahal menurut gw, kemampuan mereka emang PAYAH...:p

Hmmm...bukan pergantian dan perubahan jabatan sebenarnya yg menjadi sorotan gw...yg jadi sorotan gw adalah ribut2 yg terjadi MENJELANG reshuffle itu. Di berbagai media massa, menteri2 yang (merasa) dirinya akan dicopot dan digantikan, langsung berkoar-koar mengenai prestasi yang telah mereka raih selama mereka menjabat menteri.

Beberapa menteri yg sempat sibuk berkoar, ternyata mereka2 itulah yg digantikan oleh SBY (SOKOOOOORRRRRRR....), karena mereka memang TIDAK BECUS bin PAYAH dalam bekerja. :p Kasian banget ya, sudah koar2, eh, diganti pula...:D

Pernyataan2 yg sempat gw baca adalah:
- "Selama saya menjadi menteri ekonomi, pertumbuhan ekonomi cukup baik..namun mesti diakui, bencana tsunami membuat perekonomian Indonesia masih terpuruk." (nah, lho...tsunami pula disalahkan...)
- "Perindustrian kita mampu bersaing dengan hasil industri Cina...tidak perlu ribut masalah import barang." (nah, lho...pak menteri ini belum pernah ke blok M ya?? barang2 industri buatan Cina dijual 10 rebu dapat 3 tuh pak...)
- (lainnya silakan search sendiri di media2, terutama koran..banyak kok...:)

Yang lebih parahnya, teman2+kolega2 mereka ikut2an mendukung pernyataan ini. Duileee...takut ikut digeser ya pak, sampai ikut2an mbelain?? xi xi xi... :p

Posted on Sunday, December 11, 2005 by M Fahmi Aulia

No comments

12/10/2005

Setelah sekian lama terjadi 'kasus' Rawon, akhirnya beberapa hari yg lalu gw putuskan untuk 'rujuk' kembali dg warung tempat kasus rawon itu terjadi. Bukan apa2...gw lagi pengen makan rawon saat makan siang, dan tempat itu yg cukup oke rawonnya (bumbunya, bukan dagingnya...untuk daging rawon yg enak, warung di ujung jalan lebih enak...hanya bumbunya terlalu manis..).

Sekarang harga per porsi jadi 8000, naek 2000 sejak terakhir gw makan di situ. Ah, sebodo lah..yg penting bisa makan rawon. HIDUP RAWON...!! HIDUP ORANG JAWA TIMUR...!! :D :))

Posted on Saturday, December 10, 2005 by M Fahmi Aulia

2 comments

12/04/2005

Hmmm...Minggu pagi ini gw 'kepaksa' pulang pake travel lagi (setelah hampir 3bulan tidak pernah lewat tol). Gara2nya?? Jelas dong...kesiangan sehingga ga bisa pulang pake kereta utk jadwal pagi, heheheh...:p

Dalam perjalanan, baru ingat, bahwa tol Cipularang sempat amblas beberapa hari lalu. Isunya sih sudah diperbaiki dan bisa dilewati lagi...bukan ga percaya, tapi hmmm...mending dibuktikan sendiri dah :)

Ternyata benar..menjelang kilometer 91,2 (atau 91,6) terlihat adanya pengaspalan ulang ruas jalan. Nampak masih baru...sialnya, karena sopir travelnya sedang diburu setoran, gw ga sempat ambil skrinsut :( Yang jelas dan terasa, jalan yg (semula) ambles tersebut sudah diperbaiki dengan sebaik-baiknya. So, insya ALLOH sudah tidak ada masalah lagi (mudah2an, hehehe..) :)

Berbicara tentang kondisi jalan tol Cipularang (jika tidak salah sudah ganti nama menjadi tol Purbaleunyi), ada beberapa catatan yang hendak gw tulis di sini:
1. Kondisi (keseluruhan) jalan tol SEMAKIN BURUK. Yg gw rasakan, kok semakin banyak permukaan jalan YANG TIDAK RATA?? Well...paramaternya gampang...gw jadi GAMPANG PENGEN KENCING (xi xi xi...) akibat terlalu sering melewati jalan tidak rata. :p

2. Alasan dari penyebab amblasnya sebagian jalan tol (berdasar dari keterangan resmi) adalah kondisi aliran air yang menggerus bagian bawah tanah jalan, sehingga terjadi tanah longsor. Hmmmm...gw mo tambahin keterangan ini (eiitsss..gini2 gw dulu belajar Fisika Bumi, jadi yaaa..tau lah, dikit2, ttg kondisi tanah). Pembangunan jalan tol ini MENGGERUS BEBERAPA BUKIT yang terdapat di sekitar kota Purwakarta. Nah, KONDISI UMUM dari sebuah bukit adalah TANAH YANG GEMBUR, sehingga jika terdapat aliran air yg cukup banyak (dari hujan misalnya) akan terjadi longsoran tanah, sehingga tanah menjadi amblas. Namun, perlu diingat...ini bukan faktor tunggal. Hal lain yg mesti diperhatikan adalah KONDISI TANAH DI JAWA BARAT YANG CENDERUNG (MASIH) DINAMIS. Untuk mencari tahunya, gampang sekali...PERHATIKAN KONDISI JALAN YG (BARU) DIASPAL. Kira2 (minimal) 2-3bulan setelah pengaspalan, jalan2 yang ada di Jawa Barat ini akan BANYAK MUNCUL 'bopeng2' sepanjang jalan...hal ini terjadi dikarenakan rata2 kondisi tanah di Jawa Barat masih suka bergeser, akibatnya terjadi tarikan dan dorongan dari jalan2 yang baru diaspal. Hasilnya jelas..muncul ketidak rataan jalan.

Hmmm...segini saja cuap2nya...dah ngantuk+cape pasca perjalanan tadi pagi, hehehe...:p

Posted on Sunday, December 04, 2005 by M Fahmi Aulia

No comments

Setelah berpikir dan menimbang sekian lama, akhirnya gw putuskan beli harddisk baru untuk laptop gw (baca dulu alasannya di sini). Hal ini terutama gw ga bisa ngapa2in, ga bisa ngetik buat blog, ga bisa nonton dipidi, ga bisa baca mail oplain...pokoknya sengsara...so, setelah dianter ex Kupluk (menjelang kepergiannya), gw segera kontak temen kantor utk cari info harddisk laptop.

Hmmm...ada beberapa pilihan...40gb Rp800rebu, 60gb Rp1juta-an, 80gb Rp1,2jt. Ya sudah, dg pertimbangan ekonomis dan space (biar bisa muat banyak anime dan manga, hehehhe...)akhirnya gw beli yg 80gb. Segera ke ambasador, setelah janjian dg pemilik toko, lalu kuras atm, dan segera ke notebook.web.id (hohoho, spam, hohohoh...).

Sempet kaget, soalnya harga yg diajuin malah Rp1,4juta.. wehk... untung setelah debat sedikit, harga yg disetujui utk 80gb adalah Rp1,2juta. Cihuiiiii.. :) Save 200rebu,hehehhe...:p (tips: UNTUK MENDAPATKAN HARGA YANG (LEBIH) MURAH, KONTAK DULU VIA PHONE...JIKA PERLU SEPAKATI HARGA, JADI SAAT DATANG TINGGAL AMBIL BARANG). Bungkus harddisknya sudah 'memberitahukan' kapasitasnya...80gb,hehehhe...:D (foto kuitansi buram...itu mata yg liat yg error...)

Setelah dapat barangnya, segera ke Tebet, operasi laptop gw. :)

Hmmm...berikut tips mengganti harddisk laptop:
1. PASTIKAN HARDDISK LAPTOP PENGGANTINYA SUDAH ADA :D :))
2. buka bungkusnya, keluarin harddisknya
3. laptop segera 'dijungkirkan'...buka mur tempat harddisk bersemayam
4. copot engselnya, maka akan terlihat harddisk yg hendak diganti
5. buka mur2nya, lalu ganti harddisk yg error dg harddisk yg baru
6. pasang lagi slot harddisk ke tempatnya
7. pasang mur2nya lagi

harddisk barujungkirkan laptopbuka mur laptopslot harddiskganti harddisk yg errorpasang harddisk barupasang mur laptopNyalakan laptop....ENG ING EEENGGGG...LAPTOP GW DAH SEMBUH LAGIIII...cihuiii :) :))

Posted on Sunday, December 04, 2005 by M Fahmi Aulia

No comments

Doh...2minggu lalu merupakan masa-masa kelabu buat gw..soalnya harddisk laptop mendadak ngadat total... Gw lupa asal muasalnya, tapi yg jelas saat Kamis 24 November merupakan hari terakhir harddisk gw 'hidup'. Setelah gw transfer anime Full Metal Panic dari idBan...tamat dah...:(

Tamatnya harddisk gw dirasakan banget Jum'at pagi, 25 November...saat loading Windows, hingga 20 menit masih berkutat di status bar Windows. Gw off, lalu gw nyalain lagi...lebih parah malah...hingga 30 menit masih di status bar. Masih penasaran, gw coba restart...eh, malah keluar pesan harddisk is DAMAGED. Ya sudah, akhirnya gw minta temen kantor untuk menguruskan daripada ini harddisk. Phew...untungnya gw sempat backup file2 data di harddisk ke harddisk gaul gw sebelum akhirnya gw 'pasrahkan' harddisk laptop gw itu untuk dibabat habis (format ulang, dst dst...)

Senin pagi, 28 November, gw kontak lagi temen kantor...dan ternyata hingga 2 hari proses format...proses masih 'stuck' di angka 23%...itu sejak Minggu sore. Hwarakadah...nampaknya memang sudah saatnya harddisk gw mengakhiri tugasnya. Ya sudah...nampaknya gw mesti kolek2 duit nich, buat beli harddisk baru... :(

Posted on Sunday, December 04, 2005 by M Fahmi Aulia

1 comment

12/02/2005

1. Burung pelatuk udah identik dengan woody woodpecker

2. Burung hantu identik dengan jam dinding kukuk

3. Burung merpati hanya berkeliaran di siang hari dan tak pernah ingkar janji

4. Burung cendrawasih hanya ada di Indonesia

5. Burung gereja terlalu kecil dan mudah ditembak

6. Burung kutilang lebih suka bernyanyi ketimbang memberantas kejahatan

7. Burung kakatua keluar masuk lewat jendela. Kakatua mobil tidak akan muat dan terdengar lucu

8. Burung elang sudah dipakai Hawkman

9. Burung flamingo berwarna pink

10. Burung2 lainnya sulit, bahkan kurang berkenan dijadikan logo di dada

Posted on Friday, December 02, 2005 by M Fahmi Aulia

1 comment

11/26/2005

Beuh...banyak banget istilah2nya...gw sampe pusing sendiri. So, gw pake cara begini...lihat saja di RECENT CHANGES. Dari situ, tinggal dilihat, istilah2 mana yg up to date... :)

Semoga berguna... :)

Posted on Saturday, November 26, 2005 by M Fahmi Aulia

4 comments

Masih dari Enda...
Your Blog Should Be Purple

You're an expressive, offbeat blogger who tends to write about anything and everything.
You tend to set blogging trends, and you're the most likely to write your own meme or survey.
You are a bit distant though. Your blog is all about you - not what anyone else has to say.

Posted on Saturday, November 26, 2005 by M Fahmi Aulia

2 comments

11/24/2005

Hmm...sudah 17 hari sejak gw jadi 'Berhala ID Gmail', gw mo bagi2 tips ngejunk di kampung Gadjah, terutama buat para junker pemula (amatir, bau susu, bau kencur, newbie...apapun itu istilahnya). [perhatian: tips ini bisa bertambah dan berubah isinya sesuai dengan kebutuhan dan tambahan informasi yg didapat.]

Sebelumnya, gw cantumkan dulu posisi gw saat artikel ini dibuat:
This month's top posters
1955
rakyatjel...@gmail.com
1195
fahmi.junkers.gend...@gmail.com
1021
starc...@gmail.com
983
joanie.p...@gmail.com
933
basiban...@gmail.com
919
jbas...@gmail.com
741
achm...@gmail.com
734
priaberkup...@gmail.com
704
byon...@gmail.com
681
nomadel...@gmail.com

All time top posters
10790
fahmi.junkers.gend...@gmail.com
7819
benn...@gmail.com
7254
cro...@gmail.com
5549
starc...@gmail.com
5327
rakyatjel...@gmail.com
4988
andrians...@gmail.com
4811
godza...@gmail.com
4155
idban.secan...@gmail.com
4137
lan...@gmail.com
3927
enda....@gmail.com

Oke...berdasar pengalaman 9 bulan ngejunk di kampung Gadjah, ada beberapa hal yg mesti diperhatikan saat hendak ngejunk di kampung Gadjah.
1. PIKIR DULU SEBELUM SUBSCRIBE DI ID GMAIL
Mengapa musti mikir dulu? Karena postingan yg bakal loe2 pade terima jumlahnya bujubune ga ketulungan, apalagi kalo gw sudah turun tangan ngejunk, bisa2 yg nongol di inbox loe, nick name gw mulu...hekekke...:p Yang lebih parah, kadang loe bakal menemui KESULITAN untuk UNSUBSCRIBE, meski sudah tertera jelas caranya di footer postingan. :D

2. GUNAKAN ACCOUNT ID GMAIL
Mengapa musti menggunakan account id gmail? Ada banyak alasannya.
  • SIZE DOES MATTER. Mengacu dari poin 1, jika loe2 pade pake account dg kapasitas email <= 1 Gb, bisa dipastikan akan jebol, sejebol-jebolnya, tuh mail account. Apalagi pake mail provider dari dalam negeri, akan mengalami kesengsaraan seperti Priyadi. Lha wong kapasitas 2,6Gb saja masih kurang kok...:p
  • THREADING SYSTEM YG OKE. Maksudnya, jika ada yg ngereply suatu thread, otomatis thread tsb akan langsung nongol lagi di posisi teratas. Mudah untuk dibaca dan bisa segera tahu thread apa yg sedang asyik dibicarakan.
  • SESUAIKAN DG KAMPUNG. Lha wong ngejunk di google groups, kok malah pake mail account 'buatan orang lain'??
3. TEGAR HATI, GAGAH BERANI, BERANI MALU, DAN BERANI DIPERMALUKAN
Ini terkait juga dg poin 1. GA AKAN GW JELASIN DI SINI...JOIN AZA DI MILIS GADJAH, DAN RASAKAN SENDIRI SENSASINYA..!! :D

4. MUSTI PUNYA BANDWIDTH YG KENCANG/MEMADAI. Para FAKIR BANDWIDTH tidak dianjurkan ngejunk, apalagi yg pake dial up... Bagi para pemakai dial up, mungkin terasa asyik reply, tapi silakan sport jantung jika tagihan internet datang. :p

5. KECANDUAN. Ngejunk di kampung Gadjah BISA BIKIN KECANDUAN...!!! Terbukti sudah menelan beberapa korban (tidak perlu disebutkan).

6. KEBINGUNGAN dan 'TERSESAT'. Well...karena trafik yang sangat tinggi, maka kadang loe2 yg baru masuk akan merasa kebingungan dg postingan yg nongol di inbox. Belum lagi 'tersesat', karena kadang antara judul subject dan isinya tidak nyambung. Well...coba BACA dulu TAO ID Gmail...jika perlu pelajari beberapa kosa kata 'penting' di Wikipedia Kampung Gadjah.

7. BUAT ACCOUNT KHUSUS UNTUK NGEJUNK. Ini dimaksudkan agar tidak terjadi kesalahan fatal. Misalnya ada email wawancara masuk, tapi karena secara 'default' anda sudah terkondisikan ngejunk, maka loe ngereply mail wawancara tersebut dg pesan junk... "REPLY", dan hilanglah masa depan kerja loe :p

Oke, setidaknya 7 poin di atas bisa dipikir, dibaca, dipikir lagi, dibaca ulang, dipikir lagi, dan akhirnya direnungkan dulu... daripada nanti menyesal :p :D :))

Sudah jadi warga kampung??

Oke...sekarang gw lanjutin ama tips ngejunknya..
1. Perhatikan rate ngejunk loe. Saat bulan April, gw ngejunk gila2an...sampe2 account gw yg pertama (mfahmia2705 at gmail dot com) disuspend. Mungkin ini adalah peristiwa suspend pertama yg terjadi di kampung :p Saat itu gw emang ngejunk gila2an...seingat gw...gw ngejunk 100posting/30 menit. Bisa diterjemahkan 10posting/3menit atau 3posting/menit atau tiap 20 second gw kirim 1 postingan. Gw langsung bikin account baru, dan yg sampe sekarang gw gunakan KHUSUS buat ngejunk. Well...terakhir gw disuspend, sekitar seminggu sebelum gw posting ke 10.000, padahal rate posting sudah dikurangi...sekitar 70 posting/jam. Dg kata lain, gw posting 70 posting/60 menit, atau 1,1 posting/menit. Duh..susah juga ngikutin rulenya oom Gugel. So, BATAS AMAN LOE NGEJUNK, gw saranin nich, 60an posting/jam. Jadi, cukup 1 posting/menit. Lebih dari itu, jika disuspend, gw ga tanggung jawab...:p

2. Kena suspend? Apa sih suspend itu?? Suspend itu, kalo:
  • loe merasa dah posting sekian banyak, tapi gada yg nongol di inbox/direply warga lain
  • ga ada posting yg masuk ke inbox loe
  • saat ngeclick http://groups.google.com/group/id-gmail/post?_done=%2Fgroup%2Fid-gmail%2Fabout%3F&, ternyata keluar 'surat cinta' dari Oom Gugel.
  • dapat surat cinta dari Om Gugel.
3. Template replyan surat cinta Oom Gugel.
Kalo loe2 pade ngerasain suspend dari Oom Gugel, jangan panik...gw dah sediain templatenya...:p Sudah banyak yg nyoba, diantaranya si Byonic dan Jidats. DIJAMIN AMPUH LAH (garansi 1000%) balasan surat cinta dari Oom Gugel ini... :p Click di sini untuk mendapatkan contoh templatenya.

Oh ya, MESTI ADA RALAT untuk statement ttg gw di wikipedia id gmail. Di situ tertulis:

Fahmi dan Ban

Fahmi tercatat dua kali di-ban oleh googlegroups sehingga tidak boleh posting.

INI KEBOHONGAN BESOARRRR...
Yang benar, gw dah di-SUSPEND (oleh Om Gugel) sebanyak ENAM KALI. :D

Kagak percaya??
Nih liat skrinsut surat cinta dari Om Gugel :p

Posted on Thursday, November 24, 2005 by M Fahmi Aulia

13 comments

Telah diluncurkan sekitar 2-3 hari lalu, kamus online untuk warga kampung gadjah (atau siapapun yang berminat) untuk LEBIH memahami istilah2 yang digunakan warga kampung ketika sedang berinteraksi di milis.

Silakan kunjungi di sini.

Untuk bocoran, nama gw nongol di sini, hehehhe...:p
FHM, Fahmi

Tapi...INGAT...INGAT....PERHATIKAN 'PERINGATAN' BERIKUT:

Disclaimer: Artikel-artikel di Wiki id-GMail ini adalah rata rata GUYONAN INTERNAL warga kampung gajah. Walaupun memang benar kita selalu serius dalam bercanda, namun adalah sangat bodoh dan tidak etis jika anda mengambil dan mengutip referensi dari sini dan menggunakannya ditempat lain selain kampung gajah. Apalagi jika anda bukan warga kampung gajah, mengutip dari sini adalah Harom Hukumnya dan hukumannya adalah diGangbang seluruh warga kampung.

Posted on Thursday, November 24, 2005 by M Fahmi Aulia

No comments

11/23/2005

Geblek..ditinggal 3 hari, account gmailku dah bouncing...
Dapat email kaya gini dari Om Gugel..

Over the past several days, Google Groups has had difficulty delivering messages to your email address (fahmi.junkers.gendeng at gmail.com). We're sending this message to see if your email address is once again accepting mail.


If you're reading this message it means that your account is working, and we will automatically reactivate delivery to your address in a few days. If you want to reactivate delivery immediately, click this link:

http://groups.google.com/groups/reactivate?id=

If you have questions related to this or any other Google group, please visit the Help Center at http://groups.google.com/support.

Thanks,

The Google Groups Team

Hahahaha...lengkap dah...dapat no reply, suspend, bouncing :D
WHAT'S NEXT?? :p

Posted on Wednesday, November 23, 2005 by M Fahmi Aulia

No comments

Di ruang perpustakaan sekolah sedang terjadi diskusi yang serius antara guru dengan seorang muridnya yang kepingin banget jadi anggota LKIR.

Guru : "Apa yang dapat kamu sumbangkan untuk LKIR sekolah kita?"
Murid: "Sebuah penemuan dari penelitian yang saya lakukan sendiri."

Guru : "Apa itu?"
Murid: "Menggabungkan (stek) 2 jenis tumbuhan yang sangat berlainan species. Dan ternyata berhasil."

Guru : Apa 2 jenis tumbuhan itu...?
Murid: "Kelapa dan singkong."

Guru : Terdiam, sepertinya tidak percaya. "Lalu apa yang terjadi dengan kedua tumbuhan itu?"
Murid: "Jadi gethuk."

Posted on Wednesday, November 23, 2005 by M Fahmi Aulia

1 comment

11/21/2005

Berawal dari 'spam' sms yg dilakukan oleh Pengurus IA-ITB Jakarta (doh...petinggi kok ikut2 nyepam, yaa?? ndak Presiden, ndak Menkominfo, sekarang IA ITB Jakarta, ikut2 gw nyepam orang, xi xi xi...) pada 15 Nov 2005 lalu. Hmmm..undangan halal bihalal? Hmmm...Gus Solah dan Siswono Hmmm...yakin ada MAKAN2 ya? Yowis...siap2 berangkat lah :D

So, setelah pulang dari client, jam 5sore, gw langsung cabut ke gedung Indonesia Power. Tidak sulit menemukan gedung ini, karena gw emang sering bolak balik lewat gedung ini (gatsu). (doh...sorry, gw lupa kasih skrinsut gedungnya).

Hmm...10 menit menjelang magrib, masih gada orang2 yg gw kenal...ya sudah, begitu adzan magrib gw langsug ke masjid. Eh...ketemu Fauzan, ehhh..ketemu juga Wahyu. Ya sudah, selesai magrib, kami bertiga ngobrol...sekalian gw minta kartu nama:D

Pergi ke lt 1, masuk ke aula gedung...hmm..masih sepi. Ya sudah, duduk di barisan ke-10an, agak jauh juga. Tapi ternyata keputusan utk duduk di baris10 ini tidak salah...karena ternyata acara pertama adalah MAKAN2...jadi, cepet kan ngantrinya...hehehe..:D

Baru saja duduk...lho, ada pembagian buku...GRATIS. Tidak banyak disuruh, gw langsung ambil satu. Mayan..gratis geto loh....(bused...masih mental mahasiswa, doyan gratisan muluw, xi xi xi..) Judul dan bentuk buku bisa dilihat di foto sebelah kiri ini.


Ini nih...menu yg gw makan... 'Cuma' 2x makan...makan nasi dan makan baso tahu. Yg nasi, gw campur yg disajikan...karena gw yakin rasanya enak2(xi xi xi...).

Seraya makan, gw dihibur dg nyanyian yg gw ga jelas judulnya apa...soalnya gw lagi konsen makan+ngobrol ama orang2 di kiri kanan. Oya...gw ketemu Adiguna...sesama junker juga di kampung. Dia yg nyapa gw...hwadoh...susah juga jadi seleb kampung gadjah...foto sudah tersebar luas...(njrit, narsis abeeeesss...)

Selesai makan...datanglah pembicara pertama, Gus Solah. Hmmm..tanpa menyia-nyiakan waktu, gw langsung jalan ke depan...jepret...gw jepret dah Gus Solah :p


Selanjutnya anak2 lulusan Fisika yg gw potret, tak ketinggalan temen lama gw, Donny+Uyuy, dijepret juga.


Duduk sebentar...datanglah ketua IA ITB Pusat, mr Laksamana Sukardi. Bla bla bla...demikian sambutan yg dilakukan oleh Laksamana Sukardi (saking buruknya sound+ributnya orang2 di belakang gw). Sialnya, gw lupa moto mr Tito, ketua IA ITB Jakarta...gawat nich, bisa2 gw ga diundang makan2 lagi, hehehe..:p *sorry ya om....kali lain gw jepret dah*


Kucluk...kucluk...kucluk...eh...kayanya pertemuan IA ITB masang menyan yaa?? Kok ada penampakan RIVALDO, eh, RAHWANA IT*M, xi xi xi...liat aza...matanya merah kaya geto...baru mabok yaaa Herrrr?? hahahaha...:D *kabuuurrr...*

Tak lama kemudian, perbincangan dimulai. Ternyata ada perubahan pembicara...yg semula dijadwalkan Siswono, karena satu hal, beliau tidak datang...digantikan oleh om Laksamana :p Jadilah, mereka bertiga, Tito, Gus Solah, dan Laksamana, duduk di depan.

Gus Solah dan Laksamana Sukardi masing2 menyampaikan uraian dan pendapatnya ttg Pragmatisme dan Idealisme.

Gus Solah memandang dari sudut akademis bagaimana hubungan idealisme dan pragmatisme dengan tingkat pendidikan. Beliau menyimpulkan bahwa masa2 kuliah S1 merupakan masa2 idealisme cukup tinggi..makin banyak S-nya, makin pragmatis :p Idealnya sih, makin tinggi gelarnya, kedua paham ini tetap cukup berimbang.


Laksamana Sukardi sendiri memandang dari sudut politis. Bagaimana parpol, pejabat, dst dst, diyakini telah direformasi, namun ternyata orang2 pintar yg menjabat kedudukan tersebut tidaklah mempunyai idealisme sebagaimana yg diharapkan oleh masyarakat yg telah memilih mereka. Walhasil, kondisi bangsa tetap terpuruk. (ah, om Laksamana ini suka menyindir diri sendiri...lha wong pas PDIP berkuasa, kondisinya sama aza tuh om...sama2 buruk, xi xi xi...)

Selesai pemaparan oleh kedua tokoh ini, acara dilanjutkan dengan tanya jawab. Sori banget, gw ga sempat menyimak dg baik, soalnya sound-nya bener2 buruk :( Yg gw ingat, ada pernyataan bahwa orang pinter banyak namun orang bermoral kian sedikit, lalu ada usulan utk mengikuti jejak Cina dg membunuh (tembak mati) koruptor, kemudian juga ada pertanyaan mengapa orang2 kritis ketika belum menjabat/setelah tidak menjabat....sementara saat menjabat dia malah asik2 aza...:p Gw ga ingat jawabannya...tetap dg alasan yg sama...sound yg jelek :D

Oya, Herry it*m kembali gw foto...kali ini ama Ira. Untungnya di aula tidak ada tiang...jadi mereka tidak bergaya ala india..foto sambil pegang2 tiang saat di ganthari duluw :p :D *kabooorrrr....pake yamaha mx*

Acara ngobrolnya selesai...ketiga senior lulusan ITB turun panggung...dan ADA LUDRUK. SIYALAN...TERNYATA SANGAT DARIPADA MENGECEWAKAN...!!! MASA 15 MENIT MANGGUNG, GW CUMA 2X KETAWA...itupun karena ketawa kepepet...xi xi xi...tapi ternyata emang susah bikin orang ketawa, jadi yaaa sudahlah...hargai mereka lah..hahahah...:))

Pulangnya sempet foto bareng Gus Solah...duh...sayangnya ndak sempet foto ama om Laks...keburu ilang beliaunya...:p Tapi mayanlah foto ama Gus Solah...daripada foto ama artis2, kaya orang kampungan, xi xi xi...*kabur dari kejaran orang2 kampungan, hehehehe...*


Sampe ketemu di acara IA ITB berikutnya :)

Posted on Monday, November 21, 2005 by M Fahmi Aulia

3 comments

Jika anda merasa kesulitan mengerti dan mendalami arti dari relativitas, gunakan perumpamaan berikut:

"Sejam bagaikan sedetik jika anda sedang jatuh cinta...namun sedetik bisa terasa berabad-abad lamanya jika anda sedang marah2 dengan pasangan cinta anda."

Posted on Monday, November 21, 2005 by M Fahmi Aulia

3 comments

11/20/2005

Dapat dari Enda...di milis Gadjah. Black Comedy...OMG...:D :))




The Movie Of Your Life Is A Black Comedy



In your life, things are so twisted that you just have to laugh.

You may end up insane, but you'll have fun on the way to the asylum.



Your best movie matches: Being John Malkovich, The Royal Tenenbaums, American Psycho

Posted on Sunday, November 20, 2005 by M Fahmi Aulia

No comments

Wahk...sehari setelah diperban, saat gw ganti perban...ternyata luka di kaki, akibat kesandung, cukup parah juga... Lukanya masih basah..jadi rada2 lembek :p

Untunglah setelah diganti sekali lagi, luka makin menutup...dan akhirnya setelah semalam aku biarkan 'terbuka' (tidak diperban), luka benar2 sudah mengering...:)

Kadang masih ngilu euy...hiks..:(

Posted on Sunday, November 20, 2005 by M Fahmi Aulia

No comments