AKHIRNYA...

Today I can see the REASON of riots that happened on the project. Actually, I really don't want to publish this to public, but I think we must learn something from what had happened.

Errr...in the beginning, I think the problem is only miscommunication on one of my developer team. But, after I talked with my other member, that's just only one from some causes of the problems.

Seperti aku tulis kemaren, seorang pemimpin mesti bisa berkomunikasi dengan baik. Ternyata, the man before me didn't do it well. Dia hanya komunikasi (satu arah) ke satu developer, sementara ke yang lain tidak sama sekali. Padahal, banyak hal yg SEMESTINYA dijelaskan, baik berupa database, proses & alur, bla bla bla...dan itu tidak bisa dilakukan dalam waktu 2-3 hari, karena semuanya itu mesti dipahami agar proses pembuatan aplikasi berjalan dengan lancar.

Pantas saja, dari 3 temen developer, hanya 1 orang yg nampak 'cool' dalam bekerja, dalam artian tidak banyak keluhan, karena dia sering diajak diskusi dan ngobrol oleh previous PM. Tentu saja pengertiannya lebih baik dari yg lain.

So, heuugghh...tugasku ini euy, hihihih..:p :) *ketawa, tapi getir, kesel, semangat juga...* Pokoknya aku mesti bisa bikin pinter 2 temen developer ini agar knowledge mereka ttg proses sistem cukup memadai, sehingga proses finishing aplikasi bisa lebih dipercepat.

Satu hal lagi, clientku itu sebenarnya tidak galak2 banget...asalkan aku tahu proses dari awal dan banyak bertanya, mestinya waktu 3 bulan cukup untuk mengerjakan suatu proyek, meski aku tahu proyek yang sedang aku tangani ini tidaklah kecil, serta cukup crucial, karena menyangkut sistem. Tapi, ya sudahlah, aku yakin ALLOH (masih) membantuku, karena begitu banyak kemudahan-kemudahan yang aku temui dalam perjalananku menyelesaikan kerjaan ini, yang sebelumnya nyaris mustahil bisa selesai...semoga ALLOH SWT masih berkenan membantuk ;-)

Sepanjang sore jakarta hujan, cukup deras, untungnya tim developer LENGKAP kumpul di kantor, so, dimulailah proses penggabungan aplikasi. Oh ya, satu kelemahan mendasar yg aku temui di kantorku ini adalah kurang terorganisirnya tim developer. Ada yg kerja di kantor, ada yg kerja di client. Walhasil, PM mesti pontang panting ketemuan ama mereka-mereka ini untuk menyamakan persepsi dan agar mudah proses penggabungannya. Yaaaa...itulah gunanya PM digaji lebih tinggi, biar 'mau' susah...:p *inget ama postingku yesterday yaw...!! :) *

Dan, akhirnya pekerjaan lebih fokus lagi...ternyata memang benar, KOMUNIKASI itu PENTING...!! insya ALLOH, dengan komunikasi semua kesalahan/misunderstanding bisa terselesaikan :)

segini dulu, mau pulang pamit..pamit..:)

wassalamu'alaykum wr wb